Gelar Cipta Karya Boga 2018, Bukti Karya Kreatifitas Mahasiswa Unesa

Surabaya (wartasas.com) – Sebagai bagian dari tugas akhir mata kuliah Gelar Cipta bagi mahasiswa angkatan 2014 Universitas Negeri Surabaya (Unesa), mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Tata Boga mengadakan kegiatan “Gelar Cipta Karya Boga 2018”.

Kegiatan Gelar Cipta Karya Boga 2018 bertemakan “Inovasi Hidangan Sehat Berbahan Pangan Lokal”, yang dilakukan pada Sabtu, 12 Mei 2018 di Hotel The Empire Palace Surabaya menghadirkan tamu istimewa chef nasional Chef Eko Maduretno.

Ketua Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Dr. Rita Ismawai, S.Pd., M.Kes menyampaikan bahwa, kegiatan ini memang digelar sebagai bentuk promosi sekaligus apresiasi terhadap karya yang diciptakan oleh mahasiswa.

“Mahasiswa dari program studi rumpun pendidikan umumnya hanya dianggap mumpuni dalam kegiatan mengajar. Namun, Prodi S1 Pendidikan Tata Boga Unesa berhasil membuktikan bahwa kemampuan praktis sebagai koki juga tidak bisa dianggap remeh,” kata Dr. Rita saat dijumpai dalam acara Gelar Cipta Karya Boga 2018, Sabtu, (12/05/18).

“Prodi S1 Pendidikan Tata Boga menciptakan dan memamerkan setidaknya 56 produk olahan pangan baru yang belum pernah ada sebelumnya,” tambahnya.

Kuliner hidangan inovasi mahasiswa masih menurut Dr. Rita, mulai dari candy, cake, bread, pastry, snack, biscuit, chocolate, hingga hidangan utama tradisional dan internasional menjadi gambaran kreatifitas dan kualitas mahasiswa tata boga.

“Di sisi lain, kegiatan ini juga dapat mempererat hubungan antara pihak kampus dengan para wali murid yang selama ini mempercayakan anaknya menempuh pendidikan di Unesa,” terangnya.

Dalam kesempatan acara tersebut, Chef Eko Maduretno yang merupakan alumni prodi S1 Pendidikan Tata Boga Unesa, melakukan demo memasak kue cokelat sekaligus memberikan motivasi kepada para mahsiswa Unesa.

“Profesi koki memang menjadi salah satu profesi yang banyak memiliki lapangan pekerjaan dan paling banyak dicari. Namun, tetap harus diingat bahwa persaingan dunia kerja memang tidak mudah,” papar Chef Eko.

“Dengan adanya kegiatan semacam ini dapat mengasah kemampuan bagi mahasiswa. Ayoo tetap semangat dan tunjukkan kreasi terbaik kamu,” tegasnya dengan penuh semangat.

Dr. Rita Ismawai berharap, kegiatan seperti ini dapat menjadikan tambuk bagi para mahasiswa Unesa untuk terus berkarya dan memberikan yang terbaik tidak saja bagi Unesa tapi juga bagi masyarakat luas. (Tls)