Desain Masa Depan Pariwisata Banyuwangi Karya Alumni UK Petra Sabet Silver Award

Surabaya (wartasas.com) – Berkomitmen menjaga keindahan tempat wisata di Jawa timur khususnya Banyuwangi agar terus memperoleh penghargaan bidang pariwisata tingkat Asia Tenggara dari ASEAN Tourism Standart Award, alumni mahasiswa Universitas Kristen Petra (UK Petra) menciptakan rancangan bertajuk “Perancangan Interior Tourism Activity Center di Banyuwangi”.

Rancangan desain masa depan kota Banyuwangi oleh Sylvia Agustin, alumni Program Studi Desain Interior (DI) Universitas Kristen Petra (UK Petra) berhasil meraih silver award dalam ajang kompetisi Asia Young Designer Award (AYDA) di Jakarta beberapa waktu lalu.

Kompetisi AYDA bertemakan “You For Tomorrow”, mengajak calon pelaku di industri arsitektur dan desain interior mampu melihat kebutuhan masyarakat dan menciptakan desain visioner, yang memberikan manfaat dalam aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan yang berkelanjutan pada masa kini dan mendatang.

Seperti yang disampaikan Sylvia Agustin, bahwa, komponen penting dalam desain masa depan adalah sustainability yang mana mempertimbangkan tiga pilar yaitu lingkungan, ekonomi dan sosial”.

“Pertimbangan aspek lingkungan berarti ikut serta dalam pelestarian lingkungan, sehingga desain tidak berdampak buruk dan merusak lingkungan. Pertimbangan aspek sosial berarti desain bermanfaat bagi perkembangan masyarakat sekitar, tidak hanya mementingkan kalangan tertentu saja,” tutur wanita yang akrab disapa Sylvia ketika ditemui di kampus Petra Surabaya, Jumat, (09/02/18).

“Aspek yang terakhir adalah ekonomi, berarti desain harus mempertimbangkan biaya misalnya menggunakan material lokal dan bersifat hemat energi dengan menggunakan pencahayaan alami,” tambahnya.

Melalui rancangan ini, masih menurut Sylvia, dirinya ingin melakukan banyak hal seperti  mengedukasi masyarakat dan wisatawan mengenai budaya-wisata Banyuwangi, mewadahi festival lokal sebagai upaya pelestarian budaya oleh pemerintah sekaligus memperomosikan karya-karya pengrajin lokal dan usaha masyarakat lokal serta menerapkan desain yang ramah lingkungan dan dapat bertahan sepanjang jaman.

Ide konsep perancangan ini menitik beratkan pada “The Art of Exploring”, itu artinya akan disediakan fasilitas bagi pengunjung untuk menikmati estetika Banyuwangi. Sehingga pengunjung tidak hanya memperoleh informasi secara teori saja akan tetapi pengalaman tak terlupakan.

Kompetisi yang bertemakan “You For Tommorow” ini diusung oleh Nippon Paint tersebut berhasil menjaring hingga 500 mahasiswa jurusan Arsitektur dan Desain Interior dari 18 universitas di Indonesia.

Tak heran jika konsep yang menarik ini membuat para juri menetapkan karya Sylvia sebagai pemenang meraih silver award (juara 2) dan alumni choice award untuk kategori Desain Interior.

Sylvia berhak mendapatkan piagam, uang senilai Rp. 20.000.000 serta kesempatan internship selama 3 bulan di iconic desain, Jakarta mulai 29 Juli hingga 9 September 2018. (Tls)