Ratusan Ibu Ibu Sambut Khofifah Bagaikan Artis

Kediri (wartasas.com) – Ratusan ibu ibu berseragam hijau yang memadatai Stadion Candra Bhirawa, Pare, Kediri datang berbondong bondong untuk menyambut kedatangan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bagaikan artis ibukota.

Kedatangan Gubernur Jatim pada Senin, 18 Maret 2019 Stadion Candra Bhirawa, Pare, Kediri kali ini untuk mengikuti Harlah Muslimat NU ke-73 dan Rekor MURI Makan Lele sebanyak 19.824 olahan bersama ribuan Anggota Muslimat NU.

Dalam sambutannya, Khofifah menyampaikan bahwa, ikan Lele bisa menjadi produk unggulan Kab. Kediri. Hal ini sangat beralasan karena di daerah Plosoklaten Kab. Kediri terdapat tempat budidaya lele yang proseskelahiran atau birthingnya sudah bersertifikat ISO.

“Saya pernah berkunjung ke budidaya lele di Plosoklaten Kediri yang proses birthingnya sudah ber ISO. Menurut saya ini keren sekali, dan bisa menjadi unggulan Kab. Kediri,” ucap Khofifah dalam sambutannya, Senin (18/03).

“Ikan Lele selain mengandung nilai gizi yang tinggi juga bisa diolah menjadi berbagai makanan diantaranya dawet lele, es krim lele, ataupun nugget lele,” sambungnya.

Oleh sebab itu, orang nomor satu di Jatim ini memprakarsai perolehan Rekor Muri dengan kategori  “Makan Lele Bersama Terbanyak”.

Gubernur Khofifah menceritakan, saat bertemu dengan pengelola budidaya ikan lele tersebut disampaikan bahwa kendalanya terletak pada pemasaran. Karenanya, dirinya sudah bertemu dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan meminta untuk penambahan layanan.

“Untuk penguatan perdagangan antar wilayah bisa diperkuat melalui industri olahan dan bahan dasarnya adalah lele. Dan, menurut saya ini sangat mudah dikembangkan karena embrionya sudah ada,” terangnya.

“Mulai Senin (18/03) ini BPOM akan membentuk satu layanan di Bakorwil Jember dan Bakorwil Pamekasan, dan akan terus dikembangkan untuk 5 Bakorwil lainnya. Sedangkan, di sisi layanan perijinan untuk  masyarakat Pusat Layanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pemprov Jatum juga akan menambah 13 sektor perijinan. Dengan semakin dekatnya layanan perijinan dari PTSP maupun BPOM akan mempermudah dan mempercepat masyarakat,” paparnya dihadapan ratusan ibu ibu.

Gubernur Khofifah berharap, para anggota Muslimat NU bisa ikut berbudidaya lele karena prospektusnya sangat bagus. Mulai dari hulu hingga hilirnya akan diurusi atau istilahnya ada hilirisasi Ikan Lele, sehingga semua masyarakat Kab. Kediri bisa ikut menyukseskan. (En/Tls)