Pakde Karwo : Suasana Aman dan Damai Adalah Harga Mati di Jatim

Gresik (wartasas.com) – Peringatan HUT Ke 68 Satpol PP dan HUT Ke 56 Linmas menjadi moment terbaik untuk terus menjaga dan menciptakan suasana aman dan damai di wilayah Jawa Timur menjelang Pilkada serentak 2018.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo dihadapan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) saat menjadi Irup HUT Satpol PP dan Linmas di Gresik, pada Senin, 19 Maret 2018.

Dalam paparannya, Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim menyampaikan, bahwa, suasana aman dan damai adalah harga mati di Jatim. Untuk menjaga suasana damai, Satpol PP dan Linmas dibekali fungsi untuk senantiasa siap siaga menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat di seluruh tahapan pilkada. baik sebelum, saat, dan setelah pemungutan suara.

“Tugas anda adalah menegakkan Undang-Undang, Perda, dan Peraturan Kepala Daerah atau Perkada. Sekarang fokusnya di pilkada, maka kemudian tugas pokoknya bagaimana Jatim damai,” kata Pakde Karwo dalam paparannya, Senin, (19/03/18).

“Kondisi damai ini akan dikoordinir bupati, walikota, bersama kapolres dan dandim. Maka kemudian Satpol PP dan Linmas-nya bersatu, ikut mendukung, diantaranya untuk mendeteksi dini dan mencegah dini munculnya permasalahan saat masa pilkada,” tambahnya.

Pakde karwo berharap, apabila terjadi masalah jangan sampai membuat api menjadi lebih luas, karena akan mengakibatkan panik dan emosional. Pemprov, Kapolda, Pangdam, bupati/walikota, kapolres dandim, dan Forkopimda akan terus mengontrol dan membina pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Satpol PP dan Linmas agar berjalan dengan baik.

“Bila ada masalah jangan sedikit-sedikit lapor ke bupati/walikota selesaikan dulu di tempat saudara,” tegasnya.

Sesuai dengan tema HUT “Satpol PP dan Satlinmas Siap Mengawal Pilkada Serentak 2018”, Satpol PP dan Satlinmas harus senantiasa tegas terhadap tugas dan terus meningkatkan kualitasnya, baik sebagai abdi negara maupun abdi masyarakat sesuai fungsi operasional di lapangan.

“Satpol PP dan Satlinmas diharapkan senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan dalam menjaga ketertiban umum, ketentraman masyarakat serta aktif sebagai tenaga pengaman langsung,” harap Pakde Karwo. (Bud/Tls)