Pakde Karwo : PKK Kumpulan Orang Orang Hebat

Sidoarjo (wartasas.com) – Tim Penggerak (TP) PKK Jawa Timur dan TP PKK kab/kota di Jatim kembali meraih berbagai penghargaan di kancah nasional. Hal tersebut tidak terlepas atas kepemimpinan Dra. Hj. Nina Soekarwo, M.Si.

Dalam Rapat Koordinasi Tim Penggerak PKK Provinsi dan Kabupaten Kota se Jawa Timur 2018 pada Rabu, 21 Maret 2018 di Hotel Utami, Kab. Sidoarjo, pengurus TP PKK 38 kab/kota di Jatim memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan kepada Ny. Hj. Nina Soekarwo, M.S.

Penyerahan piagam penghargaan oleh Ketua TP PKK Pacitan Hj. Luki Indartato, mewakili TP PKK kab/kota se Jatim pada Rakor yang bertema Integrasi Perencanaan Program PKK dalam Mendukung Keutuhan dan Kerukunan Keluarga sebagai Kunci Perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menanggapi pemberian piagam penghargaan tersebut,  Bude Karwo-sapaan akrab Hj. Nina Soekarwo, M.Si menuturkan prestasi yang diraih TP PKK Prov Jatim dan kabupaten/kota  karena kerja keras semua anggota. Terutama para kader yang ada di pelosok sampai dasawisma.

“Selain itu, TP PKK prov. Jatim juga bisa bekerjasama dengan Pemprov Jatim melalui sinergi program. Secara tidak langsung TP PKK Prov. Jatim menjadi mitra pemerintah,” tutur Bude Karwo.

Ketua TP.PKK Prov Jatim ini menjelaskan  peran dari Ketua TP. PKK di setiap kab/kota juga tidak kalah penting karena terjun langsung, berbuat untuk kepentingan masyarakat dan dirasakan  oleh masyarakat. Hal demikianlah yang menjadi kunci majunya TP PKK Jatim dan kab/kota .

Dalam kesempatan sama, Bude Karwo mengingatkan Jatim yang akan menyelenggarakan pesta demokrasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur, serta pemilihan bupati dan wakil bupati di beberapa kabupaten /kota. Oleh sebab itu,  PKK diminta untuk menjaga netralitasnya,  tidak berpihak kepada salah satu kandidat calon atau partai tertentu.

“Masyarakat bisa menentukan sendiri hak pilih dan politiknya tanpa perlu dicampuri oleh keberadaan gerakan PKK. Dan, diharapkan, PKK tetap fokus pada peranan dan fungsinya sebagai penggerak partisipasi masyarakat dalam pemberdayaan masyarakat, serta menuju masyarakat yang lebih sejahtera,” harapnya.

Sementara itu, Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo dalam sambutannya  mengatakan  TP PKK Pov. Jatim merupakan wadah tempat berkumpulnya orang hebat. Hal tersebut  dikarenakan orang yang terlibat didalamnya tidak pernah  memikirkan materi.

“PKK Hanya memikirkan bagaimana cara membantu orang lain. Hal tersebut yang membuat saya salut, dan ini menjadi hal yang langka dalam kehidupan di masa sekarang,” pungkas Pakde Karwo. (dd/Tls)