Jatim Siap Menjadi Tuan Rumah “Tour de Indonesia”

Surabaya (wartasas.com) – Antusiasme masyarakat Jatim terhadap lomba balap sepeda  dengan memberikan dukungan kepada para pembalap sepeda saat melintasi etape-etape di provinsi Jawa Timur membuat Gubernur Jawa Timur menyatakan kesediaan menjadi tuan rumah untuk lomba balap sepeda Tour de Indonesia selanjutnya.

Dalam kesempatan Dinner Tour de Indonesia 2018 dan Pelantikan Pengurus ISSI Provinsi Jatim Periode 2017-2021 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, pada Jumat malam, 26 Januari 2018 Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo menyatakan kesiapannya Jatim menjadi lokasi penyelenggaraan ajang lomba balap sepeda Tour de Indonesia berikutnya.

Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim menyampaikan, bahwa Jatim siap menjadi tuan rumah karena, Jatim telah terbukti mampu menjadi tuan rumah yang baik serta masyarakatnya sangat antusias terhadap olahraga balap sepeda.

“Daripada mencari tempat lain, saya tawarkan, lebih baik tahun depan diselenggarakan di Jatim lagi. Disini pluralisme terjaga dengan baik, masyarakatnya juga _open minded_ terhadap tamu asing,” ucap Pakde Karwo disempatan Dinner Tour de Indonesia 2018, Jumat malam, (26/01/18).

“Kehadiran masyarakat Jatim, sebagai bukti bahwa masyarakat Jatim sangat _open minded_. Artinya, berpokiran positif, tertarik untuk bertemu serta belajar dari masyarakat internasional, khususnya para pembalap sepeda yang berasal dari berbagai Negara,” terang Pakde Karwo.

Dijelaskan juga, Jatim adalah tempat yang aman dan nyaman, dimana pluralisme begitu terjaga dengan baik. Berbagai suku, agama, dan budaya bisa hidup berdampingan secara damai. Ini sekaligus menjadi bukti bahwa Pancasila sebagai working ideology bisa berjalan dengan baik di Jatim.

“Sekaligus, bagi Jawa Timur, kegiatan ini dinilai penting karena dapat membantu mempromosikan Jatim di kancah internasional, seperti di bidang pariwisata, budaya, dan kuliner,” ungkap Pakde Karwo.

Dikesempatan yang sama, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) Raja Sapta Oktohari mengatakan dirinya dan para peserts lomba sangat terkesan dengan Jawa Timur. Sambutan Jawa Timur terhada  kegiatan Tour de Indonesia tidak bisa digambarkan dengan kata-kata.

“Saya tidak bisa menemukan kata yang tepat untuk mengungkapkan kegembiraan dan rasa terima kasih saya atas sambutan luar biasa Jawa Timur. _This is more than happy_, _this is super excellent_. Kecintaan seluruh elemen masyarakat jatim terhadap balap sepeda begitu besar,” paparnya.

Raja Sapta mengungkapkan, dirinya dan seluruh peserta Tour de Indonesia merasakan sendiri bagaimana sambutan masyarakat Jatim terhadap ajang ini. Khususnya ketika seluruh peserta masuk ke etape wilayah Jatim, yakni mulai Ngawi sampai Mojokerto

Secara pribadi,  Raja Sapta terkesan dengan Pakde Karwo, karena ajang ini bisa berjalan sukses berkat kerjasama yang baik dengan Pakde Karwo.

“Terima kasih kepada Pakde Karwo yang membuat semuanya lebih mudah, serta terima kasih juga kepada polisi, dan pemerintah, serta masyarakat Jatim. Kami sepakat bila peyelenggaraan Tour de Indonesia berikutnya kembali melintasi Jatim,” urainya. (Tls)