FRI Berfungsi Memantau Lembaga Pendidikan Agar Sistem Belajar Dapat Berjalan Dengan Baik

Surabaya (wartasas.com) – Perguruan Tinggi (PT) merupakan tempat belajar dan membentuk mahasiswa menjadi seseorang yang bisa menjadi manfaat bagi masyarakat. Untuk itu, diperlukannya Forum Rektor Indonesia (FRI) sebagai pemantau lembaga pendidikan di PT. Sehingga, system pendidikan bisa berjalan sesuai yang diharapkan.

Dalam Seminar Kepemimpinan Nasional Cerdas dan Berkarakter yang diselenggarakan oleh FRI pada Sabtu, 11 Agustus 2018 di Hotel JW Marriot, Surabaya, Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo hadir memberikan keynote speech membahas tentang fungsional FRI.

Pakde Karwo sapaan akrab gubernur Jatim menyampaikan bahwa, dalam FRI para rektor harus melihat dari sisi keilmuan, apakah ilmu yang diberikan sudah sesuai metode atau belum dan apakah disampaikan dengan cara benar. Sehingga, system belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.

“Oleh sebab itu, evaluasi terhadap fungsi lembaga pendidikan, khususnya kampus menjadi hal penting. Selain itu, melakukan evaluasi terhadap lembaga pendidikan akan melahirkan mahasiswa dengan lulusan cerdas dan berintegritas, yang didalamnya juga harus ditambah dengan rasa nasionalisme,” ucap Pakde Karwo dalam paparannya, Sabtu, (11/08/18).

“Mahasiswa harus dididik bahwa Indonesia merupakan tanah air dan tumpah darah kita, dan dari basis NKRI dibangun kecerdasan dan integritas. Karena, pemimpin harus memahami rakyat karena kedaulatan ditangan rakyat,” sambungnya.

Menurut Pakde Karwo, demokrasi adalah dipilih langsung, akan tetapi memiliki titik lemah yaitu setiap individu yang memiliki kecerdasan dan integritas  serta berkualitas belum tentu dipilih oleh masyarakat sebagai seorang pemimpin.  Oleh karena itu, hal wajib dimiliki adalah popular karena berpengaruh terhadap elektabilitas .

“Hal tersebut merupakan tugas dari partai untuk mencari pemimpin yang popular tapi juga memiliki kecerdasan, integritas dan berkualitas,” ungkapnya dengan tegas. (Tls)