Wujud Kepedulian Terhadap Kesehatan, Koarmatim Gelar Baksos Pengobatan Gratis

Batuporon (wartasas.com) – Sebagai salah satu komponen pembangunan bangsa untuk ikut serta membantu pemerintah daerah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya dibidang pelayanan kesehatan, Koarmatim kembali menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis.

Kegiatan Baksos pelayanan kesehatan yang diselenggarakan pada Rabu pagi, 29 Nopember 2017 di Komplek Rumdis Jalagatra Lanal Batuporon, dibuka secara resmi oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Didik Setiyono, S.E., M.M.

Dalam sambutannya, Pangarmatim Laksma TNI Didik Setiyono menyampaikan bahwa, kegiatan Baksos pelayanan kesehatan merupakan dalam rangka memperingati Hari Armada RI 2017, TNI Angkatan Laut khususnya Koarmatim senantiasa melaksanakan berbagai kegiatan sosial sebagai wujud pengabdian terhadap Negara dan Bangsa Indonesia.

“Kegiatan Baksos ini jelas memiliki nilai positif dan memiliki makna penting sebagai media silaturahmi antara Koarmatim dengan warga masyarakat Madura,” kata Pangarmatim dalam sambutannya, Rabu, (29/11/17).

“Ini merupakan komitmen kita bersama dalam rangka memberikan pengabdian terbaik kepada Bangsa dan Negara. Karena kita menyadari bahwa, sebagai prajurit, muara pengabdiannya adalah untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia,” tambahnya.

Usai meresmikan pembukaan acara Baksos pengobatan gratis, Pangarmatim didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armatim (KDJAT) Ny. Retno Didik Setiyono langsung meninjau titik titik dimana para pasien melakukan pengobatan dan sekaligus menanyakan keluhan para pasien.

Sebanyak 283 orang mengikuti pengobatan umum, 57 orang melakukan pemeriksaan gigi dan mulut, dan 5 orang melakukan bedah minor serta anak-anak SDN Tanjung Jati 1 dan 2 yang berjumlah 150 orang mengikuti promosi kesehatan gigi.

Kadiskes Koarmatim Kolonel Laut (K) dr. Andi Abdullah, Sp.OT., sebagai Kepala Bidang Baksos menerjunkan tiga orang Dokter dari Diskes Koarmatim dan bekerjasama dengan Puskesmas Batuporon yang mengirimkan satu orang Dokter.

Ditempat yang sama, Danlanal Batuporon Letkol Laut (P) Teguh Wibowo, MTr. (Hanla) menambahkan, bahwa, disamping dalam rangka menyambut Hari Armada RI, kegiatan Baksos juga mengajarkan untuk saling peduli, mewujudkan rasa cinta kasih dan saling menolong bagi mereka yang membutuhkan uluran tangan terutama bagi prajurit TNI Angkatan Laut dan Masyarakat di Batuporon, Bangkalan Madura.

“Lanal Batuporon sangat mendukung penuh kegiatan yang diselenggarakan oleh Koarmatim. Kita harapkan, kedepan nanti kegiatan serupa seperti ini menjadi agenda rutin yang akan digelar oleh Lanal Batuboron dengan menggandeng dinas terkait,” terang pria gagah yang akrab disapa Teguh.

Nurul Hasannah (10) siswi SDN Tanjung Jati yang turut dalam promosi kesehatan gigi merasa senang dan bangga, karena bisa mengetahui cara merawat gigi dengan baik.

“Ibu TNI cantik dan baik. Menjelaskan cara merawat gigi dengan jelas. Akhirnya saya dan teman teman bisa mengetahui cara merawat gigi dengan baik. Agar gigi saya tidak lagi  mudah diserang ulat,” ujarnya sambil tertawa riang. (Tls)