Wapres RI Resmikan Sail Sabang 2017 di Aceh

Sabang (wartasas.com) – TNI Angkatan Laut dalam menyemarakkan dan mendukung suksesnya kegiatan Sail Sabang 2017 di Nanggroe Aceh Darussalam, mengerahkan puluhan kapal perangnya.

Dalam puncak Sail Sabang 2017 yang digelar pada Sabtu, 02 Desember 2017 di Dermaga Terminal CT-3 Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) Jalan Malahayati, Sukakarya Kota Sabang Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, diresmikan langsung oleh Wakil Presiden RI Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla didampingi Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P.

Dukungan TNI AL dalam menyemarakkan kegiatan Sail Sabang 2017, dibuktikan dengan mengerahkan puluhan kapal perangnya seperti Satuan Tugas (Satgas) Surya Bhaskara Jaya (SBJ LXVI) dengan KRI dr. Soeharso-990, Satuan Tugas  Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) ke-VII menggunakan KRI Banda Aceh-593 dan Ekspedisi Nusantara Jaya III 2017 dengan menggunakan KRI Dewa Ruci, Pelayaran Kartika Jala Krida (KJK) tahun 2017 menggunakan KRI Bima Suci-945  membawa 93 taruna dan taruni AAL serta berbagai KRI untuk mendukung kesuksesan acara puncak Sail Sabang 2017, yang secara keseluruhan melibatkan 10 KRI, 4 KAL, 1 Patkamla, 2 Sea Raider, 4 Perahu Karet, 4 Pesawat Udara, 3 Helikopter serta  prajurit TNI Angkatan Laut.

Sail Sabang 2017 merupakan even internasional yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan perekonomian daerah terutama melalui sektor pariwisata bahari. Even ini juga menjadi momentum untuk memajukan wisata bahari di tanah air untuk menjadikan kawasan Sabang sebagai  destinasi utama wisata.

Kegiatan Sail Sabang 2017 yang berlangsung sejak tanggal 28 November hingga 05 Desember 2017 bertemakan “Sabang Menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia”, dimeriahkan oleh atraksi drum band Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL, tarian kolosal Laksamana Malahayati, penandantangan sampul perangko Sail Sabang 2017, terjung free fall prajurit TNI dan Polri, aerobatic show Jupiter Team dan formasi parade kapal perang (Fleetb Review) sebagai garda terdepan penjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di lautan, antara kapal layar latih KRI Dewaruci yang sangat legendaris menmbawa  68 pelajar seluruh Indonesia dalam satgas Ekspedisi Nusantara Jaya III dan KRI Bima Suci membawa 93 taruna/taruni Akademi Angkatan Laut

Kapal perang Indonesia (KRI) yang menggunakan nama pahlawan dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam berpartisipasi memeriahkan Sail Sabang 2017, antara lain, KRI Sultan Iskandar Muda- 367, KRI Teuku Umar-385, KRI Imam Bonjol-383 dan KRI Banda Aceh-593 yang mengangkut peserta Pelayaran Nusantara Jaya (Pelantara) VII terdiri dari Saka Bahari dan bakti bela negara, sedangkan KRI Suharso-990 melaksanakan satgas bakti sosial Surya Bhaskara Jaya ke-66.

Kegiatan Sail  ini  telah delapan kali dilaksanakan di Indonesia, dimulai pada tahun 2009 dengan menggelar Sail Bunaken di Manado, kemudian disusul dengan Sail Banda di perairan Banda, Maluku pada tahun 2010, Sail Wakatobi-Belitong tahun 2011, Sail Morotai di Morotai, Maluku Utara, pada tahun 2012, Sail Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT), pada tahun 2013, Sail Raja Ampat  di Waisai Raja Ampat, Papua Barat tahun 2014,  Sail Tomini 2015  di Parigi Moutong Palu Sulteng, Sail Selat Karimata 2016 di Pantai P. Datok – Sukadana Kabupaten Kayong Utara Kalimantan Barat serta Sail Sabang 2017 merupakan sail kesembilan yang akan digelar di Dermaga CT 3 BPKS Kota Sabang Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. (Man/Tls)