Upacara PWP Pati TNI AL Perlambang Akhir Pengabdian Dharmabakti Terhadap Negara

Surabaya (wartasas.com) – Tagline “Old Soldiers Never Die, They Just Fade Away” sepertinya sangat tepat diperuntukkan bagi para Purna Wira Perwira Tinggi TNI AL. Karena, meskipun setiap Pati TNI AL yang telah memasuki purna bakti tetap memiliki jiwa TNI AL yang tidak akan padam.

Seperti yang disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., dalam kesempatan upacara Wisuda Purna Wira (WPW) 78 Perwira Tinggi (Pati) TNI AL 2018, pada Rabu, 10 Oktober 2018 di Lapangan Aru Akademi Angkatan Laut (AAL), Bumimoro Surabaya.

Tampak turut hadir dalam Upacara WPW, Ketua Pepabri Jenderal TNI (Purn) Agum Gemelar, Pangkoarmada II, Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., dan Danlantamal V Surabaya Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H. serta, Gubernur AAL.

Dalam amanahnya, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menyampaikan bahwa, upacara Wisuda Purna Wira Perwira Tinggi TNI AL merupakan perlambang saat terakhir pengabdian seorang Perwira Tinggi setelah mendharmabaktikan dirinya untuk kepentingan bangsa dan negara.

“Upacara Wisuda Purnawira pada Hakikatnya merupakan Tradisi Khas TNI AL sebagai simbolisasi pewarisan nilai-nilai luhur kepemimpinan dari generasi yang memasuki masa purna bakti kepada generasi muda penerus TNI AL,” ucap Kasal dalam amanatnya usai melaksanakan upacara WPW, Rabu, (10/10/18).

“Melalui upacara ini, diharapkan akan tumbuh dan berkembang ikatan dan kesinambungan batiniah yang kokoh antara generasi pendahulu dan generasi penerus TNIAL,” sambungnya.

Untuk mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, masih menurut penuturan Kasal, diperlukan pembangunan kekuatan pertahanan maritim yang ditujukan untuk menjaga kedaulatan dan melindungi kekayaan maritim serta menjaga keselamatan pelayaran dan keamanan maritim di wilayah Yurisdiksi Indonesia.

“Kepemimpinan yang inovatif, berkarakter, serta menjunjung tinggi nilai kebangsaan dan etika moral, merupakan aktualisasi jati diri prajurit Matra Laut yang telah ditunjukkan oleh Para Wisudawan dalam pengabdiannya. Oleh karena Itu, bagi Perwira Remaja, Taruna Taruni Akademi Angkatan Laut dan segenap generasi penerus, tidak ada komitmen yang lebih kuat dan penghormatan yang lebih mulia kecuali mewarisi dan meneladaninya,” tegas Kasal.

Sebanyak 78 Pati TNI AL yang mengikuti wisudawan terdiri dari satu Pati bintang empat yaitu mantan Kasal Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi, S.E., M.A.P., dua Pati bintang tiga yaitu mantan Wakasal Laksamana Madya TNI (Purn) Dr. Widodo, S.E., M.Sc., dan mantan Kepala Bakamla Laksamana Madya TNI (Purn) Ari Soedewo, S.E., M.H., serta 35 Pati bintang dua dan 42 Pati bintang satu.

Usai melaksanakan upacara Purna Wira Perwira Tinggi TNI AL dilanjutkan penyerarahan cinderamata dari Kasal kepada Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi, penyerahan kartu tanda anggota Pepabri yang disampaikan Ketua Pepabri Jenderal TNI (Purn) Agum Gemelar kepada Laksdya TNI (Purn) Dr. Widodo, S.E., M.Sc., kartu tanda anggota Perip, penyerahan kartu tanda anggota PPAL yang disampaikan Ketua PPAL Lakdya TNI (Purn) Joko Sumaryono kepada Laksdya TNI (Purn)  Ari Soedewo, S.E., M.H, dan penyerahan kartu tanda anggota Pipal. (Tls)