Upacara HUT TNI AL Ke 72 dilaksanakan di Daerah Misi

Beirut (wartasas.com) –  HUT TNI AL Ke 72 tidak saja dilaksanakan oleh TNI AL di tanah air Indonesia namun, juga diperingati di Lebanon seperti yang dilaksanakan oleh pasukan TNI AL yang tergabung di TNI KONGA XXVIII-I UNIFIL yang sedang bertugas melaksanakan misi perdamaian.

Dalam peringatan HUT TNI AL yang dilaksanakan di geladak kapal KRI Bung Tomo-357, pada Minggu, 11 September 2017, hadir sebagai pemimpin upacara Komandan Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I UNIFIL Kolonel Laut  (P) Heri Triwibowo.

Kolonel Laut  (P) Heri Triwibowo dalam pidatonya menyampaikan amanat Kasal, bahwa  upacara peringatan hari jadi TNI AL memiliki tiga makna yakni makna keimanan dan ketaqwaan, makna historis serta makna evaluative.

“Sebagai komponen utama kekuatan pertahanan negara, TNI AL senantiasa menjunjung tinggi tekad dan komitmennya untuk terus bersama sama dengan rakyat, berusaha mencegah dan menanggulangi setiap bentuk ancaman yang dapat mengganggu kesinambungan jalannya pembangunan nasional. “ Tutur Komandan Satgas Maritim TNI KONGA membacakan amanat Kasal, Minggu, (11/9/17).

“Karena itu sangat tepat pada peringatan Hari Jadi tahun ini tema yang diambil adalah “Bersama rakyat, TNI Angkatan Laut siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian”,” tambahnya.

Sejalan dengan visi poros maritim dunia, pemerintah telah menetapkan kebijakan gelar kekuatan TNI yang tersebar di seluruh wilayah NKRI. Kebijakan pemerintah ini ditindaklanjuti TNI dengan menetapkan rencana penguatan kemampuan TNI secara terpadu di pulau pulau terluar dan strategis.

“Diperlukan reorientasi penetapan prioritas pembangunan TNI Angkatan Laut, dihadapkan dengan realita sumber daya yang ada, yaitu anggaran dan waktu,” jelasnya.

Oleh karena itu, menurutnya kebijakan pembangunan TNI AL ke depan akan dititikberatkan pada beberapa prioritas berupa alutsista baru, penguatan kemampuan TNI AL di pulau terluar strategis, pembangunan pangkalan serta pembatasan kegiatan kegiatan yan tidak perlu.

“Tingkatkan kualitas diri sebagai prajurit TNI AL, laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, pelihara alut sista yang dipercayakan negara, mantapkan kekompakan antar komponen TNI, serta tingkatkan kewaspadaan dan antisipatif terhadap perkembangan situasi,” tegas Kasal.  (Tls)