TNI AL Turut Gabung Dalam Latma Multinasional Aman 2017

Surabaya (wartasas.com) – Dalam waktu dekat, TNI Angkatan Laut akan melaksanakan Latihan Bersama (Latma) dengan puluhan negara dari seluruh Dunia dengan Multinasional Aman 2017.

Dalam acara penerimaan laporan awal kesiapan latihan yang disampaikan oleh Komandan KRI Fatahillah-361 Letkol Laut (P) Rio H.M. Yumm, Selasa, 27 Desember 2017, di Ruang Rapat Pangarmatim, Koarmatim, diterima langsung oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H. M.A.P.

Dalam paparan Pangarmatim, bahwa Latma Multinasional Aman 2017 akan melibatkan 18 Negara diantaranya adalah Australia, China, Mesir, Indonesia, Italia, Iran, Jepang, Kuwait, Malaysia, Maldives, Nigeria, Rusia. Korsel, Sri Lanka, Pakistan, United Kingdom (UK) dan United States (US) Navy.

“Latma Multinasional Aman 2017 yang diselenggarakan 2 tahun sekali oleh Pakistan Navy rencana akan dilaksanakan mulai tanggal 10 s.d. 14 Februari 2017 dan diikuti oleh 20 kapal permukaan, 10 unsur udara, pasukan khusus dan observer dari 18 negara.” Papar Pangarmatim, Selasa, (27/12/16).

“Sedangkan, TNI AL akan mengirimkan Satgas terdiri dari KRI SIM-367 Jajaran Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmatim, 1 tim Kopaska , dan 2 Observer,” tambahnya.

Kegiatan latihan ini begitu penting, selain guna meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AL,  juga untuk meningkatkan kemampuan personel dalam beradaptasi dengan cepat, baik terhadap lingkungan fisik maupun nonfisik.

“Kemampuan adaptasi ini sangat penting dimiliki setiap prajurit untuk melatih ketajaman analisa, pengambilan keputusan dan melakukan  tindakan dengan cepat dalam situasi pertempuran, serta sebagai sarana Memperkenalkan Indonesia Kepada Dunia Internasional,” urai Pangarmatim.

Selain paparan tentang persiapan Latma Multinasional Aman 2017, Perwira Operasi (Pasops) Satkor Koarmatim Letkol Laut (P) Seno Ario Wibowo, S.T., menyampaikan paparan Rencana Garis Besar Kegiatan Latpratugas Operasi Satgas Pamtas Laut Koarmatim Tahun 2017 Malindo dan Philindo yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 9-23 Januari 2017 mendatang. (Tls)

 

Add a Comment