TNI AL Koarmatim Tunjukkan Kehebatan Dalam Kirab Kota

Surabaya (wartasas.com) – Sepanjang jalan Tugu Pahlawan kota Surabaya pada Sabtu pagi, 17 Desember 2016, mendadak penuh dengan kerumunan massa yang terlihat bagaikan lautan manusia. Ternyata, TNI Angkatan Laut sedang menggelar acara Kirab Kota dalam rangka memperingati Hari Armada 2016 dengan melibatkan ribuan personil TNI AL.

Tampak terlihat hadir dalam acara Kirab, Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P., didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armatim Ny. Ina Darwanto dari Podium depan Tugu Pahlawan untuk melepas Start peserta Kirab yang terdiri dari pasukan kirab 1.274 orang, diantaranya pasukan kirab 807 orang, Tim pendukung 283 orang, sehingga jumlah keseluruhan sebanyak  2.364 orang.

Dalam pidato singkatnya, Pangarmatim menyampaikan bahwa, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenalkan lebih dekat keberadaan TNI AL kepada masyarakat  kota Surabaya dan sekitarnya.

“Seiring dengan kebijakan pemerintah RI  yang terkait dengan poros maritim dunia, kita gelorakan kembali semangat kebaharian dengan Kirab keliling kota. Selain memberikan hiburan kepada warga Surabaya, acara ini juga merupakan media silaturahmi dan wujud kesatuan TNI khususnya TNI AL dengan instansi kemaritiman wilayah Surabaya.” Tutur Pangarmatim dihadapan ribuan prajurit dan warga kota Surabaya, Sabtu, (17/12/16).

“Selaku Pangarmatim, saya mengucapkan terima kasih kepada para undangan yang telah ikut memeriahkan kirab kota. Hal tersebut, merupakan wujud keharmonisan  antara TNI-Polri,  instansi-instansi pemerintah  dan masyarakat umum,” tambahnya.

Peserta Kirab Kota akan menempuh jarak sejauh 4 km, dengan melintasi rute dari Tugu Pahlawan hingga berhenti di Kantor Walikota Surabaya Jalan Sedap Malam.

Pasukan Kirab Kota terdiri dari Batalyon-1 Genderang Suling Gita Jala Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), Batalyon-2 terdiri dari 1 Kompi  Pama gabungan TNI AL Wilayah Surabaya, 1 Kompi Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) gabungan TNI AL Wilayah Surabaya, 1 Kompi Gabungan dari 2 Pleton dari Lantamal  V dan 1 Pleton dari STTAL,  serta 1 Kompi dari Kodiklatal

Seluruh pasukan TNI AL Koarmatim menunjukkan kebolehan dan kehebatan kesatuannya masing masing, sehingga membuat warga kota surabaya berdecak kagum.

Koarmatim salah satu TNI AL terbesar di Surabaya menerjunkan prajurit terbaiknya yang menampilkan pakaian khas masing-masing satuan, mulai dari pakaian dinas harian, pakaian dinas lapangan maupun pakaian dinas upacara yang beraneka ragam rupa dan bentuk.

Mirna (30) salah satu warga Surabaya yang turut hadir menyaksikan Kirab Kota, mengatakan bangga dan senang bisa melihat TNI AL yang berseragam secara langsung.

“Saya sengaja datang pagi pagi bersama keluarga, ingin melihat secara langsung TNI AL yang menggelar Kirab Kota. Ternyata prajurit TNI AL itu gagah dan hebat. Dan banyak yang ganteng ganteng,” kata Mirna dengan tersenyum.

Hadir pula dalam acara Kirab Kota, Gubernur Jawa Timur yang menyambut finis didepan Rumah Dinas Pangarmatim, Komandan Kodiklatal Laksda TNI Tri Wahyudi Sukarno, S.E.,M.M., Kasarmatim Laksma TNI I.N.G. Ariawan,S.E.,M.M., Komandan Guspurlatim Laksma TNI Dadi Hartanto,M.Tr. (Han), Komandan Lantamal V Surabaya Laksma TNI Edi Sucipto, S.E., Kas Gartap III Surabaya Brigjen TNI Mar Amirudin Harun. (Tls)

Add a Comment