Tingkatkan Ketangkasan, Satsel Koarmatim Gelar latihan Search and Rescue Kapal Selam

Surabaya (wartasas.com) – Guna melatih fisik dan ketangkasan dalam menangani terjadinya kecelakaan dilaut sekaligus penanganan dan evakuasi korban, Satuan Kapal Selam Koarmatim secara rutin menggelar latihan Search and Rescue kapal selam.

Kali ini pada Rabu, 29 Nopember 2017 di Dermaga Kapal Selam Koarmatim, Ujung Surabaya Komandan Satuan Kapal Selam (Dansatsel) Koarmatim Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa selaku Komandan Satgas (Dansatgas) Latihan Penyelamatan Kapal Selam tahun 2017, melaksanakan upacara gelar pasukan.

Dalam kegiatan tersebut, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Dadi Hartanto, MTr.(Han)., selaku staf Itjenal meninjau langsung pemeriksaan pasukan beserta perlengkapan yang digunakan dalam latihan Search and Rescue kapal selam.

Adapun yang diperiksa diantaranya, 2 Alat Selam Close/Semi Amphora milik Kopaska, Baju Selam dan peralatan selam Dislambair Koarmatim, Sekoci Karet milik KRI Nagapasa-403, 1 unit mobil Chamber Dislambair Koarmatim, 1 unit mobil Chamber milik Lakesla dan 1 unit mobil Ambulance Diskes Koarmatim.

Setelah pelaksanaan upacara selesai, dilanjutkan dengan Drill Lapangan yaitu melaksanakan simulasi korban keluar dari kapal selam dan cara evakuasi oleh tim kesehatan melalui sekoci dari KRI P.Rupat.

Selanjutnya, Satuan Kapal Selam mengevakuasi korban yang berhasil selamat dan dimasukan ke dalam Chamber KRI P. Rupat untuk penanganan medis lebih lanjut.

Selain itu, pada latihan escape atau penyelamatan diri dari kapal selam, awak kapal yang keluar dari kapal selam melaksanakan evakuasi oleh tim medis. (Tls)