Tingkatkan Kecintaan Generasi Muda Akan Bahari, TNI AL Adakan “Sail Moyo Tambora 2018”

Surabaya (wartasas.com) – Dalam rangka meningkatkan wawasan kecintaan akan jiwa bahari terhadap kekayaan laut Indonesia sekaligus memupuk semangat Bakti Bela Negara, TNI AL kembali menggelar kegiatan Sail Moyo Tambora 2018 dengan mengajak 532 siswa Saka Bahari dan siswa Bela Negara Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI.

Upacara pelepasan Satuan Tugas (Satgas) Pelayaran Lintas Nusantara (Pelantara) 8 dan Bakti Bela Negara Sail Moyo Tambora 2018 di Dermaga Madura,  Koarmada II,  pada Rabu, 29 Agustus 2018 dipimpin oleh Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) TNI AL, Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno, S.H., mewakili Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., selaku Ketua Umum Saka Bahari.

Tampak turut hadir dalam upacara pelepasan, Wadan Lantamal V Surabaya Kolonel Marinir CTO Sinaga mewakili Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H., dimana Lantamal V ditunjuk sebagai panitia pelepasan Satgas Sail Tambora 2018.

Dalam sambutannya Kadispotmar menyampaikan amanat Kasal bahwa, Satgas Pelantara-8 dan Bakti Bela Negara Sail Moyo Tambora 2018 ini meliputi Satgas bakti sosial Surya Bhaskara Jaya ke-67 dan Satgas pelayaran lingkar Nusantara ke-8.

“Kegiatan tersebut merupakan kegiatan pelayaran yang dilaksanakan oleh para generasi muda seperti Saka Bahari, Bela Negara Kemhan, Putra-Putri Maritim Indonesia, serta personel TNI AL,” ucap Kadispotmar menyampaikan amanat Kasal dalam sambutannya, Rabu, (29/08/18).

“Dimana, didalam kegiatan tersebut akan melakukan kunjungan ke pejabat daerah, bersih-bersih pantai dan tempat ibadah, kegiatan pentas seni dan penyuluhan wawasan kebangsaan serta kegiatan perkemahan di pulau-pulau yang disinggahi di Kabupaten Sumbawa, NTB,” sambungnya.

Pelantara – 8 merupakan kegiatan yang diikuti oleh para pemuda-pemudi perwakilan dari seluruh provinsi dengan tujuan untuk melaksanakan pembinaan generasi muda Saka Bahari dalam rangka “Nation Character Building”.

Selama mengikuti kegiatan Pelantara-8 yang dipimpin oleh Dansatgas Pelantara-8, Kasubdis Binpuan Dispotmar TNI AL Kolonel Laut (P) Sukrisno, S.E., M.Si., para siswa Saka Bahari akan mengikuti kegiatan selama 15 hari dari keberangkatan pada Rabu, (29/08).

Kasal berharap, seluruh peserta dapat mengambil hikmah dan manfaat sebesar besarnya dalam kegiatan Sail Moyo Tambora 2018.

Satgas Pelantara-8 dan Bakti Bela Negara diberangkatkan dengan menggunakan KRI Teluk Bintuni 520 yang di komandani Mayor Laut (P) Suroto, M.Tr. Hanla, pelayaran ini  merupakan bagian dari kegiatan Sail Moyo Tambora 2018. Pelantara ini akan menyinggahi beberapa wilayah di Nusa Tenggara Barat seperti Pulau Lombok, Badas, Pulau Moyo, dan Pulau Medang.

Para peserta Pelantara – 8 di wilayah yang disinggahi akan melaksanakan berbagai kegiatan seperti bakti sosial dan peduli lingkungan, kunjungan kerja, temu tokoh masyarakat, mengikuti pembekalan dari pejabat kewilayahan setempat, wisata sejarah, tabligh akbar.

Dalam mendukung kegiatan berskala nasional Sail Moyo Tambora  2018, TNI AL tidak hanya menggelar Pelantara – 8 dengan menggunakan KRI Teluk Bintuni 520, tetapi juga TNI AL melaksanakan operasi kemanusiaan Surya Bhaskara Jaya (SBJ) – 67/2018 di wilayah NTB dengan menggunakan unsur KRI dr Soeharso 990. (Tls)