Seminar “Sistem Pertahanan Semesta”, Ajak Generasi Muda bersikap Kritis dan Arif

Pontianak (wartasas.com) – Bertujuan mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk senantiasa kritis dan Arif serta waspada dalam menyikapi upaya yang dapat memecah belah persatuan dan bangsa, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mengadakan seminar “Sistem Pertahanan Semesta”.

Acara seminar yang diselenggarakan pada Kamis, 22  Maret 2018 di Hotel Kartika Kota Pontianak, menghadirkan narasumber Perwakilan Kementerian Pertahanan (Kemhan) Brigjen TNI Sudarsono dan Asops Danlantamal XII Kolonel Laut (P) Edi Haryanto, S. E

Dalam sambutannya, Perwakilan Kemhan Brigjen TNI Sudarsono menyampaikan bahwa, ini merupakan salah satu program Kementerian Pertahanan yang dilaksanakan di seluruh perwakilan Kemhan atau seluruh provinsi di Indonesia.

“Sistem Pertahanan Semesta pada hakekatnya adalah sistem pertahanan yang melibatkan seluruh warga negara wilayah dan sumber daya nasional lainnya serta dipersiapkan secara total terpadu terarah dan berlanjut untuk menegakkan kedaulatan negara keutuhan wilayah bangsa dari segala ancaman,” kata Perwakilan Kemhan dalam sambutannya, Kamis, (22/03/18).

“Acara seminar tentang sistem pertahanan semesta di Provinsi Kalimantan Barat tersebut mengangkat tema meningkatkan peran pemerintah daerah provinsi Kalimantan Barat guna membangun sistem pertahanan semesta dalam rangka mendukung kebijakan pertahanan negara ini menjadi lebih baik menjadi masukan bagi pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam bersinergi membangun pertahanan Negara yang kuat,” tambahnya.

Perwakilan Kemhan juga menambahkan, adapun bentuk pola ancaman yang sesungguhnya secara nyata telah ada di hadapan kita yang harus dihadapi haknya antara lain masuknya paham radikalisme maraknya peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba yang jumlahnya sudah sangat membahayakan.

“Seperti yang disampaikan bapak Presiden Jokowi dengan tegas menyatakan bahwa Indonesia saat ini “Darurat Narkoba”,” terangnya.

Langkah pemerintah Provinsi Kalimantan Barat untuk kedepannya adalah menjaga keamanan di Kalimantan Barat, meningkatkan koordinasi dan kerjasama secara optimal dengan unsur pimpinan di daerah baik TNI, Polri, BIN, Imigrasi, Kemenag dan komponen lainnya serta melaksanakan deteksi dini dan cegah dini terhadap hal-hal yang dapat mengarah kepada aksi terorisme dan gerakan radikal. (Ir/Tls)