Sambut MTQ Kowal, Koarmatim Gelar Lomba MTQ  

Surabaya (wartasas.com) – Dalam rangka Musabagoh Tilawatil Quran (MTQ) Korsp Wanita Angkatan Laut (KOWAL) Wilayah Timur, Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) menggelar lomba MTQ.

Acara lomba MTQ yang bertemakan Mewujudkan Profesonalitas Kawal yang bermartabat dengan akhlaq Qurani”, digelar Kamis, 16 Pebruari 2017 di gedung Panti Tjahaja Armada, Koarmatim ujung Surabaya, dan dibuka langsung oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur Laksamana Muda Darwanto. S. H., M. AP.

Pangarmatim dalam sambutannya menyampaikan, bahwa lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Kowal tingkat Koarmatim merupakan salah satu sarana pembinaan personel, khususnya dalam pembinaan mental prajurit.

“Lomba ini sengaja digelar dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi yang tersurat dalam Al Qur’an. Sebagai mana kita imani bersama, kitab suci Al Qur’an adalah kalamulloh yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai salah satu rahmat bagi alam semesta.” Ucap Pangarmatim dalam sambutannya, Kamis, (16/2/17).

“Serta, Al Quran merupakan wahyu ilahi untuk menjadi petunjuk, pedoman, tuntunan dan pegangan bagi umat manusia agar memperoleh kebahagiaan baim didunia maupun diakhirat,” tambahnya.

Diharapkan, melalui pembacaan secara rutin akan semakin menambah rasa cinta terhadap Al qur’an.

Lomba MTQ diikuti oleh 26 peserta dengan perincian 14 qori’ah yang sudah berkeluarga (tidur luar) dan 12 peserta berasal dari tidur dalam atau masih bujangan. Dan, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal V) Surabaya mengirimkan dua qori’ahnya.

Kedua duta Kowal Lantamal V tersebut adalah Sersan Mayor Bah/W Dwi Wariyati  (tidur luar) dan Sersan Dua Mus/W Alris Yunita (tidur dalam).

Adapun yang menjadi kreteria penilaian oleh dewan juri meliputi  suara dan lagu, Tajwid, Fashohah dan adzab.

“Maksud dan tujuan diselenggarakannya lomba MTQ ini adalah untuk untuk mencari bibit-bibit baru MTQ yang berasal dari Korps Wanita TNI-AL di Koarmatim dan pemahaman, penghayatan serta pengamalan isi yang tersirat dan tersurat dalam Al Qur’an”, ungkap Ketua lomba Ketua panitia Letkol Laut (KH) Cumaidi.

Juara dalam lomba MTQ kategori tidur dalam atau bujangan, Juara 1  nilai 75 no urut 2 Serda Mus/W Alris yunita (Lantamal V),  Juara II Serda Nav/W Hendriana no urut 10 dengan nilai 67 dan Serda/Nav Alfina no urut 11 dengan nilai  66.

Sedangkan, untuk kategori tidur luar yang menjadi juara I yaitu Kapten Laut (KH/W) Hanifah dengan nilai 89, juara II Serda Jas/W Puji Rahayu, juara III Letda Laut (S/W) Eli Sarwati. (Tls)

Add a Comment