Ribuan Prajurit TNI AL Melaksanakan Gladi Bersih, Jelang Hari Armada

Surabaya (wartasas.com) – Jelang pelaksanaan upacara Hari Armada RI 2017, TNI AL Koarmatim lakukan berbagai persiapan guna turut mendukung dan menyemarakkan Hari Armada RI.

Seperti yang dilakukan pada Minggu, 03 Desember 2017, di Dermaga Koarmatim, Ujung Surabaya, ribuan prajurit TNI Angkatan Laut sedang melaksanakan gladi bersih.

Gladi bersih TNI AL disaksikan langsung oleh Pangarmatim Laksamana Pertama (Laksma) TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armatim (KDJAT) Ny. Retno Didik Setiyono untuk memberikan semangat serta Danlantamal V Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, S.E.

Pangarmatim Laksamana Pertama (Laksma) TNI Didik menyampaikan bahwa, gladi bersih upacara parade dan defile tersebut bertujuan untuk meninjau persiapan dan kesiapan pasukan upacara ditampilkan sesuai dengan urutan dan waktu yang sebenarnya, seluruh prajurit dengan kekuatan 55, menampilkan latihan upacara yang terbaik.

“Untuk tahun ini, peringatan Hari Armada RI Ke 72 bertemakan, “Armada Republik Indonesia Ksatria Pengawal Samudera dan Perekat Nusantara” sesuai dengan tugas dan tanggung jawab  TNI AL,” ucap Pangarmatim disela sela tinjauannya, Minggu, (03/12/17).

Setelah  gladi upacara, acara dilanjutkan dengan demonstrasi paduan suara, demo GS Taruna AAL, demo sea cast dan recovery sea rider Kopaska ke KRI Teluk Soputan-515, demo terjun freefall dari Kopaska dan Yontaifib Marinir, serta demo Fly Pass dari unsur udara Puspenerbal, Defile Pasukan Upacara, dll.

Pasukan upacara yang terdiri dari 8 Batalyon yaitu Yon Bintara dan Tamtama Koarmatim, Yon Bintara dan Tamtama Koarmabar, Yon Bintara dan Tamtama Pangkalan, Yon 1 Marinir dan Yon 2 Marinir, sedangkan 7 Kompie dari Kie Taruna AAL, Kie Pomal, Kie Gabungan Kopaska, Satsel dan Dislambair, Kie Gabungan Puspenerbal, serta Kie Kowal, Kie Gabunga Perwira dan Kie Aparatur Sipil Negara (ASN).

Upacara tahunan ini nanti akan dipimpin oleh orang nomor satu di TNI Angkatan Laut yaitu Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., dan dihadiri oleh para pejabat daerah maupun pejabat teras di lingkungan TNI AL. (Tls)