Ratusan Prajurit Koarmatim Turun Sungai

Surabaya (WartaSAS) – Bersama Instansi terkait kota Surabaya, seluruh Prajurit TNI Angkatan Laut Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) dikerahkan untuk melakukan pembersihan jalur air sungai yang mengarah kelaut.

Dalam rangka rangkaian peringatan Hari Armada Tahun 2016, prajurit Koarmatim terjun langsung ke Kalimas bahu-membahu membersihkan sampah dan kotoran yang menumpuk di sepanjang jembatan Petekan sampai seputaran sungai Monkasel.

Kegiatan bersih – bersih serentak  yang dilaksanakan di sepanjang bantaran kali sekitar jembatan Petekan sampai sungai Monkasel, pada Jumat, 25 November 2016 dihadiri oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H.,M.A.P., didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada Timur (KDJAT)  Ny.Ina Darwanto.

2

Disela-sela pelaksanaan Program Kali Bersih (Prokasih) bekerjasama dengan Pemkot Surabaya, Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H.,M.A.P., menyampaikan, bahwa kegiatan program kali bersih ini merupakan kegiatan rutin yang sudah digalakkan sejak dulu.

“Kegiatan serupa telah dilaksanakan TNI Angkatan Laut pada era kepemimpinan Walikota Surabaya ke-20 Bapak Poernomo Kasidi, program kali bersih yang dilaksanakan setiap tahunnya  tersebut selain Kalimas juga dilaksanakan di sekitar pelabuhan Kamal, Madura.” Ucap Pangarmatim disela sela pelaksanaan Prokasih, Jumat, (25/11/16).

“Kegiatan ini sekaligus memberikan contoh kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan apalagi di sungai. Agar, bisa menjaga kebersihan lingkungan agar selalu sehat dan nyaman,” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut, seluruh prajurit membersihkan sampah-sampah yang berserakan di tepian sungai, melaksanakan pengecatan di sepanjang sungai, dan membersihkan gorong-gorong agar sistem pembuangan di sekitar Kalimas tidak terhambat, sehingga tidak menyebabkan banjir.

3

Ketika usai meninjau lokasi secara langsung, Pangarmatim kemudian mempunyai gagasan dan ide, bagaimana tempat ini bila digunakan untuk Persatuan Olah Raga Air Seluruh Indonesia (Porlasi) Jawa Timur.

“Karena Porlasi Jatim sampai saat ini belum mempunyai tempat untuk berlatih. Harapan kita kedepan dapat bekerjasama dengan instansi terkait dan  pemerintah daerah. Nanti kita upayakan penyampaian kepemerintah kota, agar program tersebut dapat terlaksana,” pungkas Pangarmatim dengan tegas.

Dalam program bersih-bersih Kalimas turut melibatkan Prajurit dari Akademi Angkatan Laut, Pasmar 1 Surabaya, Lantamal V Surabaya, Dinas Pertamanan (Dispera), Dinas Pekerjaan Umum (PU),  Warga Kecamatan Bulak Banteng dan Warga dari Kecamatan Semampir Surabaya, yang jumlahnya hampir mencapai seribu orang. (Tls)

 

 

 

Add a Comment