PT PAL Gelar “FIRS STELL CUTTING KCR 60”

Surabaya (wartasas.com) – PT PAL Indonesia (Persero) kembali menggelar acara Proses pemotongan plat pertama pembuatan kapal dengan tema “FIRS STELL CUTTING Kapal Cepat Rudal 60 Meter (KCR 60)”.

Acara yang digelar Kamis, 2 Januari 2017 di Assembly Hall Divisi Kapal Perang, PT PAL INDONESIA (Persero), Ujung Surabaya dihadiri langsung oleh Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan (Kabaranahan Kemhan) Laksamana Muda TNI Ir. Leonardi, M. Sc,  Aslog Kasal Laksamana Muda TNI Moelyadi, Direktur Utama PT PAL INDONESIA (Persero) M. Firmansyah Arifin,  Aslog Pangarmatim, Wakomut PT. PAL, Dirbangkap dan Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Wadan Lantamal) V Surabaya Kolonel Marinir Nana Rukmana, S. E.

Kapal perang jenis kapal patroli, Kapal Cepat Rudal 60 Meter (KCR 60) pada gelombang kedua ini dikembangkan sesuai dengan keinginan TNI Angkatan Laut.

Perbedaan pada kapal ini, terletak pada penambahan Sistem Senjata yang lebih terintegrasi serta kemampuan stabilitas yang prima untuk menjaga dan mempertahankan Kedaualatan Negeri. Melalui Kontrak Nomor KTR/828/PDN/XII/2015/AL Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan.

Proses pemotongan plat pertama ditandai dengang penekanan tombol mesin CNC Plasma oleh Kabaranahan Kemhan dan dilanjutkan dengan Penandatanganan berita acara ceremony antara Dirbangkap dengan Kapusada Baranahan Kemhan disaksikan oleh  Kabaranahan Kemhan, Aslog Kasal, Aslog Pangarmatim, Dirut PT. PAL dan Wakomut PT. PAL

Pengalaman yang dimiliki sejak tahun 1980 PT PAL Indonesia (Persero) telah menyelesaikan untuk pembangunan kapal lebih dari 240 unit kapal berbagai jenis dan ukuran untuk produk kapal Niaga s/d ukuran 50.000 DWT.

Sedangkan untuk produk  Kapal Perang telah diproduksi berbagai jenis dan tipe kapal diantaranya:  Kapal Patroli Cepat 14 meter, 28 meter(lambung kayu & aluminium), 38 meter (aluminium), FPB 57 meter dan Landing Plat Dock 125 meter. Juga berpengalaman memodifikasi kapal dan pemasangan Rudal diantaranya: Rudal Yakhont dan Fire Control System di KRI. OWA-354,  Rudal C-802 dan Fire Control System di KRI. AHP-355 dan KRI. YOS-353.

Dengan berbekal pengalaman tersebut diatas PT PAL Indonesia (persero) siap menyelesaikan pembangunan Kapal Cepat Rudal 60 M pesanan kementrian pertahanan Republik Indonesia dan pengadaan ALUTSISTA lainnya di masa mendatang.

Kapal Cepat Rudal 60 Meter (KCR-60M) Produk PAL Indonesia ini mempunyai spesifikasi sebagai berikut: Panjang keseluruhan (LOA)  59.80 M,  Panjang garis air (LWL)  54.82 M, Lebar (B)  8.10 M, Tinggi pada tengah kapal (T)  4.85 M, Sarat muatan penuh (Dd 2.60 M, Berat muatan penuh (Displacement) 460 Ton.

Mobilitas Kecepatan kapal pada Skala Beaufort 2 dan Sea State 1, Kecepatan Maksimum (pada kondisi muatan 50%)    28 knot, Kecepatan Jelajah ( Crusing) 20 knot dan Kecepatan Ekonomis 15 knot. KCR 60M mempunyai kemampuan olah gerak yang tinggi, lincah dalam posisi tembak dan mampu melaksanakan penghindaran dari serangan balasan lawan.

Selain dari itu, KCR ini dilengkapi dengan sarana navigasi dalam segala cuaca hingga Sea State 6 dan Jumlah ABK sebanyak 43 orang. Serta mampu berlayar selama selama 9 hari dengan  Jarak jelajah  sejauh  2.400 nm pada kecepatan 20 knot. (Tls)

Add a Comment