Pembangunan SDM Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia di Era Digital

Surabaya (wartasas.com) – Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2018 harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik oleh pemerintah, badan usaha, maupun masyarakat sendiri.

Hal tersebut merupakan kutipan pesan Menkominfo RI Rudiantara yang dibacakan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo dalam upacara Harkitnas ke-110 tahun 2018 di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, pada Senin, 21 Mei 2018.

Upacara Harkitnas 2018 bertemakan “Pembangunan sumber daya manusia memperkuat pondasi kebangkitan nasional Indonesia dalam era digital” juga dihadiri oleh Gubernur Akademi Angkatan Laut (Gubernur AAL) Laksamana Muda TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M. serta jajaran Forkopimda Provinsi Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Pakde Karwo sapaan akrab gubernur Jatim menyampaikan bahwa, salah satu kunci sukses dalam perjuangan adalah persatuan dan kesatuan. Nilai-nilai inilah yang kemudian menjadi ciri khas Bangsa Indonesia dan terus dipegang teguh.

“Persatuan dan kesatuan ini pula yang terbukti menyatukan daerah-daerah di nusantara menjadi satu kesatuan NKRI. Saya kira ini yang harusnya menetes hingga sekarang, walaupun ada perbedaan tapi tetap satu,” kata Pakde karwo dalam sambutannya, Senin, (21/05/18).

“Dalam konteks negara, sebuah perbedaan perlu dan bisa dibicarakan yakni dengan musyawarah mufakat, melalui duduk bersama. Apapun pendekatannya, masyarakat harus dilibatkan dalam setiap pengambilan keputusan,” tambahnya.

Terkait dengan era digital saat ini, Pakde Karwo mengatakan sebagai era  hak semua orang, bukan hanya generasi milenial saja. Kepada anak-anak muda atau generasi milenial, diingatkannya, harus dibangun sebagai generasi yang produktif.

“Era digital ini, menjadi salah satu peluang yang harus dimanfaatkan, termasuk dalam bidang ekonomi. Ini telah dilakukan Jatim. Sebagai contoh, saat terjadi terorisme kemarin, ekonomi di Jatim terus berjalan, salah satunya karena didukung akses digital,” jelas Pakde.

Saat ini, banyak anak muda kreatif yang mampu menaklukkan gelombang digitalisasi dengan mencari berkah di dalamnya. Mereka menjadikan internet, media sosial, situs web dan layanan multimedia aplikasi ponsel sebagai lahan dan pasar menjanjikan untuk berkarya.

Untuk itu, Pakde Karwo juga menyampaikan pesan Menkominfo RI untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia menjauhkan dunia digital dari konten-konten negatif pemecah belah bangsa, agar anak-anak bebas bekreasi, bersilaturahmi, berekspresi dan mendapatkan manfaat. Juga, bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan untuk menghindari perpecahan.

Usai upacara, dilanjutkan dengan ziarah ke Makam Pahlawan Nasional Dr. Soetomo di Jalan Bubutan, Surabaya. (Tls)Era Digital