Pelepasan dan Pengukuhan Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena Disambut Haru dan Bangga

Surabaya (wartasas.com) – Acara pelepasan dan pengukuhan Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena (Ibu Pelindung Korps Wanita Angkatan Laut/Kowal) 2018 disambut dengan penuh haru dan bangga.

Pelepasan dan pengukuhan Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena Ibu Dra. Endah Ade Supandi kepada Ibu Dra. Manik Siwi Sukma Adji yang dilaksanakan pada Rabu, 06 Juni 2018 di gedung PTA Koarmada II Ujung Surabaya, dihadiri ratusan Kowal.

Tampak turut hadir dalam acara tersebut Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono SE, MM, Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Ariawan dan  Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Surabaya Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H., beserta Ketua Korcab V DJA II Ny. Wenny Edwin.

Dalam sambutannya Ibu Endah Ade Supandi mengatakan sangat berterimakasih kepada seluruh Kowal atas dukungannya dan dedikasinya yang telah membantu selama beliau menjadi ibu catraratnanggadiPelepasan dan Pengukuhan Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena.

“Saya bangga dapat mengabdi menjadi Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena. Meskipun, kini saya harus melepas dan meninggalkan tambuk tanggung jawab tersebut, tidak lantas tali silaturahmi yang telah kita jalin bersama juga terputus,” ucap Ibu Endah Ade Supandi dalam sambutannya, Rabu, (06/06/18).

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas support dan dukungannya selama ini. Tolong, Ibu Dra. Manik Siwi Sukma Adji dibantu dan jangan buat beliau bersedih. Buat beliau selalu semangat dan bahagia,” imbuhnya.

Dijelaskan juga bahwa, sebagai ibu pelindung dan pembimbing,  Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena memiliki wewenang untuk mengarahkan kinerja Kowal dalam melaksanakan tugas dan kewajiban mereka sebagai prajurit TNI AL secara profesional, dan juga sebagai bagian dari upaya mendukung terwujudnya World Class Navy.

Hal ini bertujuan demi kebaikan anggota Kowal sebagaimana motto mereka, yakni “Pengabdian dan Kehormatan adalah Jiwaku”.

Sedangkan, Ibu Dra. Manik Siwi Sukma Adji dalam sambutannya hanya menyampaikan harapannya untuk dapat didukung dan disupport agar sebagai Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena  dapat menjalankan amanah dan tanggung jawab ini dengan baik.

Dalam kesempatan acara pengukuhan ini,  juga dikukuhkan Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena Koarmada I,  Koarmada II,  dan Koarmada III. Ini menjadi hal baru seiring pertambahan organisasi di tubuh TNI AL.

Adanya Ibu pelindung dan pembimbing Kowal di ke-3 armada bertujuan agar bisa mewadahi aspirasi maupun prestasi dari Kowal yang berdinas di daerah Sabang hingga Merauke. (Tls)