Pangarmatim : Laksanakan Kegiatan Sesuai Pedoman PPPA-UO

Surabaya (wartasas.com) – Rapat Staf dan Komando (Rasko) Koarmatim 2017, yang mendiskusikan tentang berbagai permasalahan serta berbagai masukan, solusi, saran serta pemecahannya, pada hari Jumat, 3 Februari 2017 resmi ditutup oleh Pangarmatim.

Rasko yang digelar di Gedung Candrasa Koarmatim selama dua hari, resmi ditutup Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P.,

Dalam amanatnya Pangarmatim menyampaikan, guna menindak lanjuti kesiapan Koarmatim melaksanakan program dan kegiatan Tahun 2017, agar dapat terlaksana dan tercapai dengan lebih baik.

“Seluruh bidang kegiatan yang meliputi Bidang Intelijen, Bidang Operasi dan Latihan, Bidang Personel, Bidang Logistik, Bidang Perencanaan dan Anggaran, serta Bidang Pengawasan dan Pemeriksaan, hendaknya dilaksanakan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku dengan tetap berpedoman pada pokok-pokok kebijakan Kasal.” Ucap Pangarmatim dalam amanatnya, Jumat, (3/2/17).

“Beberapa pokok-pokok kebijakan dan penekanan diantaranya, Kebijakan bidang intelijen agar lebih meningkatkan kemampuan dalam analisis Informasi  dan  situasi  untuk  tindakan antisipasi,  serta cegah dini terhadap berbagai kemungkinan potensi gangguan keamanan, optimalkan deteksi dini dan laporan cepat terhadap perkembangan sosial yang terjadi di masyarakat,” tambahnya.

Masih seperti yang disampaikan Pangarmatim, sedangkan Bidang Operasi laksanakan operasi semaksimal mungkin dengan tetap mengacu pada koridor hukum yang berlaku serta tingkatkan kemampuan dan profesionalisme personel.

Bidang Personel meliputi, memberikan kesempatan dan prioritas kepada personel pengawak KRI dalam karier dengan menerapkan penilaian “Matriks XG”, melaksanakan sertifikasi jabatan untuk jabatan strategis di Koarmatim.

Bidang Logistik diantaranya, melengkapi pengajuan kebutuhan dengan spektek yang jelas dan lengkap serta Rencana Anggaran dan Biaya (RAB), Pengajuan PUT agar sesuai dengan kebutuhan perbaikan/pemeliharaan KRI, Laksanakan tertib administrasi pemanfaatan BMN.

Bidang Program dan Anggaran meliputi, Laksanakan penyusunan / pembuatan laporan kegiatan agar berpedoman pada aturan/dasar yang terbaru.

“Dalam melaksanakan kegiatan agar berpedoman pada PPPA-UO dan Otorisasi,Laksanakan penghematan anggaran secara lebih nyata dan terukur,” tegas Pangarmatim.

Sedangkan kebijakan bidang Pengawasan dan Pemeriksaan antara lain, tingkatkan pelaksanaan pengawasan dan tertib administrasi serta evaluasi melalui manajemen pengawasan yang optimal terhadap penyelenggaraan program dan kegiatan, jadikan Inspektorat Koarmatim selaku Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) sebagai mitra kerja, sebagai penjamin kualitas, penasehat dan pemberi solusi serta sebagai mediator dan fasilitator. (Tls)

Add a Comment