Pangarmatim : Keberhasilan Pelaksanaan Latihan Karena Terciptanya  Kekompakan Tim

Situbondo (wartasas.com) – Pangarmatim Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H.,M.A.P., pada Kamis, (27/7) meninjau langsung Gelar Kesiapan Latihan Pendahuluan Demo Aksi Tempur Laut dalam rangka peringatan HUT TNI Ke 72, yang dilaksanakan di perairan Laut Jawa tepatnya di Pantai Banongan Situbondo, Jawa Timur.

Demo Tempur Laut yang dimulai dari tanggal 25 Juli 2017 dari Pangkalan Surabaya menuju Pantai Banongan Situbondo, selama berlayar Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang terlibat latihan melaksanakan berbagai manuver dan serial latihan sesuai  pada pelaksanaan Demo HUT TNI yang akan digelar pada tanggal 5 Oktober 2017 di Cilegon, Banten nanti.

Dalam kesempatan tersebut, Pangarmatim menyampaikan keberhasilan pelaksanaan latihan bukan hanya ditentukan oleh kemampuan dan kemahiran masing-masing personel, melainkan juga karena terciptanya suatu kerja sama tim yang kompak.

“Pahami fungsi dan tugas masing-masing, jalin kekompakan antar prajurit dan bangun kesatuan komando untuk mewujudkan kesamaan pola pikir dan pola tindak dan perhatikan keamanan latihan dengan menepati semua prosedur, serta mekanisme latihan melalui perhitungan cermat, pertimbangan tepat dan pengawasan ketat untuk mencapai zero accident,” tutur Pangarmatim.

Selama pelaksanaan latihan mulai dari Pangkalan Surabaya sampai daerah latihan, Komandan Guspurlatim Laksamana Pertama (Laksma) TNI Rachmad Jayadi, M.Tr. (Han)., selaku Komandan Gugus Tugas (GT) Demo Tempur Laut onboard di KRI Dr Soeharso – 990 sebagai Kapal Markas.

“Latihan ini bertujuan untuk menumbuhkan motivasi bagi seluruh prajurit TNI AL yang terlibat Demo Alutsista TNI AL dalam mendukung HUT TNI Ke-72,” lanjut Pangarmatim.

Dalam latihan ini TNI AL melibatkan 23 Unsur KRI, 6 Pesawat Udara (Pesud) dan 8 Kendaraan Tempur (Ranpur) Marinir. Kegiatan latihan manuvra lapangan ini diikuti oleh seluruh unsur-unsur peserta latihan Pendahuluan Demo Aksi Tempur Laut Peringatan HUT TNI Ke-72. (Tls)