Pangarmatim : Jabatan Kasarmatim Jabatan Strategis, namun Tidaklah Ringan

Surabaya (wartasas.com) – Kepala Staf Koarmatim (Kasarmatim), Laksda TNI I.N.G. Ariawan secara resmi akan menempati jabatan  baru sebagai Staf Ahli (Sahli) Panglima TNI Tingkat III Bidang Politik Keamanan Nasional (Polkamnas) Mabes TNI.

Hal tersebut disampaikan dalam acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) tiga jabatan strategis di lingkungan Koarmatim, yang dipimpin langsung oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P pada Rabu pagi, 06 September 2017 di Lounge Majapahit Koarmatim, Ujung Surabaya.

Acara sertijab Kasarmatim, dilakukan bersamaan dengan sertijab Kepala Pusat Komando dan Pengendalian (Kapuskodal) Koarmatim dan Pengukuhan Jabatan Kadispen Koarmatim.

Dalam amanatnya, Pangarmatim menyampaikan bahwa, serah terima dan pengukuhan jabatan, merupakan kebutuhan organisasi guna mengantisipasi berbagai tantangan pelaksanaan tugas selain itu merupakan implementasi dari proses pembinaan personel, sekaligus kesempatan dan peluang bagi para perwira untuk mengembangkan karier dan mengaktualisasikan kemampuan konseptualnya.

“Jabatan Kasarmatim merupakan Jabatan yang strategis, sebagai pejabat kedua dilingkungan Koarmatim tanggung jawab Kasarmatim tidaklah ringan yaitu menyelenggarakan koordinasi dan pengarahan pada setiap tingkatan unsur staf dihadapkan dengan luas wilayah kerja. Kasarmatim dituntut untuk mampu membina dan menajamkan fungsi setiap unsur dalam susunan stuktur organisasi Koarmatim agar dapat berjalan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya,” tutur Pangarmatim dalam smbutannya, Rabu, (06/9/17).

“Demikian juga dengan jabatan Kapuskodal Koarmatim sebagai unsur pelaksanan staf pada tingkat Mako Koarmatim memiliki tugas membantu Pangarmatim dalam penyelenggaraan kegiatan pusat Komando dan Pengendalian operasi di lingkungan Koarmatim,” tambahnya.

Sedangkan, untuk Dispen Koarmatim sebagai unsur pelaksana pusat pada tingkat Mako Koarmatim memiliki tugas membina dan melaksanakan penerangan pasukan dan penerangan umum serta pembinaan sejarah di lingkup Koarmatim.

Laksamana Pertama (Laksma) TNI Roberth Wolter Tapangan, S.H., lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 33 yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Lantamal (Danlantamal) I Belawan menggantikan Laksda TNI I.N.G. Ariawan, S.E., M.M., sebagai Kasarmatim.

Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan serah terima Jabatan Kapuskodal dari Letkol Laut (P) Adi Lumaksana Alumni AAL Angkatan 41 kepada Letkol Laut (P) I Nyoman Surya Alumni AAL Angkatan 40, yang sebelumnya menjabat sebagai  Komandan KRI Tarakan-905. Selain itu, pada acara tersebut juga dilaksanakan Pengukuhan Jabatan Kadispenarmatim kepada Letkol Laut (KH) Suratno, S.S., yang merupakan Alumni Sepa PK TNI Angkatan 3 yang sebelumnya menjabat Kasimusdoksip Subdisjarah Dispenal Mabes TNI AL. (Tls)