Melalui Perkemahan Pramuka Saka Bahari se-Jatim, Mampu Tumbuhkan Jiwa Kebersamaan

Malang (wartasas.com) – Satuan Karya (Saka) Pramuka Bahari merupakan gerakan pramuka binaan TNI AL, sekaligus tempat berkumpulnya pramuka penegak dan pandega yang menyelenggarakan kegiatan kegiatan nyata, bermanfaat dan produktif, dalam rangka menanamkan rasa cinta dan menumbuhkan sikap hidup yang berorientasi bahari.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Danlantamal V sekaligus Ketua  Mabisaka Bahari tingkat daerah Jawa Timur Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H,.M.Han saat membuka acara Perkemahan dan Penghijauan Satuan Karya Pramuka Bahari Tingkat Daerah Jawa Timur, pada Minggu, 17 Maret 2019 di Arboretum Sumber Brantas Bumiaji, Malang.

Pembukaan Perkemahan yang diikuti 477 orang pramuka Saka Bahari se-Jatim ini, dihadir Dirut Jasa Tirta, Asisten Danlantamal V, Danlanal Batuporon, Kepala Balai Besar Sungai Brantas, Direktur SDM PT PAL, Asisten III Walikota Batu, Dandim Kota Batu, Kapolsek Bumiaji dan Palaksa Lanal Malang.

Danlantamal V TNI Edwin, mengatakan bahwa, melalui semangat persatuan dan pembangunan generasi muda Indonesia Saka Bahari tingkat daerah Jawa Timur melaksanakan acara perkemaahan dan penghijaun.

Kegiatan perkemahan dan penghijauan Saka Bahari tingkat daerah Jawa Timur diikuti dari beberapa kota seperti Tuban, Madura, Malang Raya, banyuwangi, situbondo, Probolinggo, Greaik, Trenggalek, Surabaya dan Sidoarjo yang dimulai sejak tanggal 15 hingga 17 Maret 2019.

“Tujuan utama dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk membangun jiwa kebersamaan, mandiri, disiplin, cinta tanah air, berbudi luhur, jiwa persatuan dan kesatuan sesama anggota saka, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, melatih para anggota saka agar memiliki ketahanan fisik dan mental yang handal,” terangnya.

Kemudian ditujukan pula untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan hidup dan pelestarian sumber daya alam, maupun pembangunan masyarakat serta memiliki semangat bela negara untuk mempertahankan keutuhan negara kesatuan republik Indonesia serta membentuk karakter kepada peserta akan cinta terhadap NKRI.

Selain itu lanjutnya, kegiatan seperti ini merupakan salah satu media yang efektif untuk melakukan pembinaan terhadap generasi muda, sehingga memiliki sikap dislplin, keteladanan dan rasa tanggung jawab yang tinggi. 

Kegiatan ini tambahnya, juga sejalan dengan program Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indarparawansa pada program 99 hari kerja, yaitu bersih-bersih sungai, menyediakan air bersih, sungai bersih lewat adopsi sungai berantas.

Oleh karena itu Saka Bahari tingkat Jawa Tmur dan Perum Jasa Tirta melakukan aksi perkemahan dan penghijauan sebanyak 500 pohon di daerah bantaran aliran sungai Brantas di Bumiaji Kota Batu, Malang sebagai bentuk untuk mendukung program 99 hari kerja Gubernur Jawa Timur. (Tls)