Lestarikan Biota Laut, Lantamal XII Adakan Penyelaman di Pulau Randayan

Pontianak (wartasas.com) – Menyambut HUT ORCA DC KE-17 TH sekaligus sebagai upaya pelestarian lingkungan laut, Lantamal XII bersama Pengprov Possi Kalbar mengadakan kegiatan penyelaman di Pulau Randayan Kalimantan Barat.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, 19 Juli 2018 di Pulau Randayan Kabupaten Bengkayang Kalbar dihadiri oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) XII Laksamana Pertama TNI Greg. Agung W. D. M. Tr (Han) selaku Pembina POSSI Pemprov Kalbar.

Dalam amanatnya Danlantamal XII menyampaikan bahwa, kegiatan peduli selam ini untuk menumbuhkembangkan masyarakat Kalimantan Barat untuk lebih peduli cinta bahari khususnya lingkungan perairan yang harus di jaga dan di pelihara.

“Melalui olahraga selam dengan mengambil Tema “PEDULI SELAM” kita lestarikan, Pelihara, Lingkungan Biota Laut,” ucap Laksamana Pertama TNI Greg. Agung dalam sambutannya, Kamis, (19/07/18).

“Dalam upaya pelestarian lingkungan laut melalui Dispotmar Lantamal XII bersama Pengprov POSSI Kalbar juga menyambut HUT ORCA DC Ke-17,” tambahnya.

Dalam kegiatan penyelaman di Pulau Randayan Kab. Bengkayang di laksanakan berbagai acara meliputi pembersihan pantai sektor selatan Pulau Randayan, penenggelaman Substrat dengan media beton/semen, becak, sepeda onthel, ayunan dan gapura taman bawah air untuk tempat penanaman terumbu karang serta pelepasan hewan penyu atau Tukik di lepas dibibir pantai serta penanaman pohon Cemara dan Fun Dive  oleh para peserta penyelam penyelam muda Kalimantan Barat.

Kegiatan penyelaman tersebut di ikuti penyelam dari Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XII Pontianak dengan Tim Penyelam yang di pimpin Lettu Laut (S) Bambang Setiawan, Dinas kelautan dan perikanan Prov. Kalbar, Ditpolair Polda Kalbar,  Satbrimob Polda Kalbar, Pospolair Polres Bengkayang, Polres Sambas, Pengcab POSSI Sambas, Pengcab POSSI Bengkayang, Pengcab POSSI Mempawah, Pengcab POSSI Pontianak, Pencab POSSI Kayong utara, Pencab POSSI Ketapang, Pencab POSSI Landak, Pencab POSSI Sekadau, Pencab POSSI Sintang dan para pecinta Selam Sekalimantan Barat. (Ir/Tls)