Lantamal V Koordinasi Bantuan Bagi Korban Gempa Palu dengan Membuka Posko Peduli Bencana

Surabaya (wartasas.com) – Sebagai bentuk kepedulian serta empati terhadap sesama yang mengalami musibah terutama para korban gempa dan tsunami Palu,  Sigi dan Donggala, Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) langsung dengan sigap membuka Posko Peduli Bencana.

Seperti yang disampaikan langsung oleh Komandan Lantamal V Laksaman Pertama TNI Edwin, S. H bahwa, Lantamal V tidak saja membuka posko bantuan peduli bencana namun juga mengirimkan personelnya yang tergabung dalam Satgas Kesehatan TNI AL yang berangkat dengan menggunakan KRI SHS-990.

“Ini adalah salah satu bentuk kepedulian terhadap saudara kita yang tertimpa musibah. Dan alhamdulilah, langkah positif yang dilaksanakan oleh personel Lantamal V mendapatkan respon baik,” ucap Danlantamal  V Edwin saat dijumpai di lokasi Posko Peduli Bencana di Gedung Serbaguna, Mako Lantamal V, Selasa, (02/10/10).

“Informasi Posko Bantuan yang disampaikan melalui medsos, media dan radio memberikan efek bagus. Terbukti banyak bantuan yang berdatangan untuk menitipkan bantuannya berupa air mineral,  makanan ringan,  beras,  selimut,  pakaian,  perlengkapan sholat,  kelengkapan wanita,  susu bayi dan lainnya,” tambahnya.

Masih menurut Danlantamal V, pada Rabu, (03/10) apabila tidak ada halangan Lantamal V akan memberangkatkan KRI Surabaya-591 menuju Palu untuk bantuan tahap tertama dan dalam waktu dekat akan ada KRI lagi yang digerakkan menuju kesana.

“Posko bantuan akan terus dibuka dalam beberapa hari atau beberapa minggu kedepan. Mudah-mudahan bantuan-bantuan kebutuhan saudara-saudara kita di Palu bisa diakomodir melaui posko Lantamal V ini,” harapnya.

Lantamal V sudah mengirimkan personel yang tergabung dalam Satgas Kesehatan yang terdiri dari dokter, para medis juga marinir sebanyak 42 personel. Dari 42 itu 6 diantaranya tenaga dokter, 6 para medis dibantu oleh 29 pasukan Marinir dari Yonmarhanlan V Lantamal V untuk membantu proses evakuasi dan satu dari personel dari Dinas Penerangan Lantamal V.

Saat ini Lantamal V akan membawa bantuan-bantuan yang ada dan juga akan membawa alat berat dari beberapa titik pemberangkatan untuk sampai ke Palu. KRI Surabaya akan bergerak dari Surabaya menuju Banjarmasin dan Balikpapan terlebih dulu,  untuk mengangkut bantuan alat berat menuju Palu,  Sigi dan Donggala. (Tls)