Lantamal V Gelar Baksos Pengobatan Gratis

Jember (wartasas.com) – Dalam rangka Hari Dharma Samudera 2017, Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal V) kembali menggelar Bakti Sosial (Baksos). Baksos kali memberikan kesempatan kepada masyarakat kota Jember untuk berobat gratis.

Bersama Pemkab Jember, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal V) Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto,S.E,.M.M. membuka Operasi Bakti Sosial Kesehatan.

Acara baksos yang digelar pada Selasa, 7 Pebruari 2017 di alun-alun Kecamatan Puger kota Jember, Komandan Lantamal V didampingi Bupati Kabupaten Jember dr. Faida,  M. M,  Ketua DPRD Jember,  forkompimda Kabupaten Jember dan undangan lainnya.

Bakti Sosial kesehatan yang menargetkan memberikan pelayanan kepada 1.024 orang pasien  diketuai Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lantamal V Kolonel Laut (K) dr. Asih Pudjowidodo.

Dari 1.024 pasien tersebut, 180 pasien diantaranya pasiem operasi Katarak yang digelar di Rumah Sakit Bina Sehat, 50 pasien khitan,  500 pasien untuk Kesehatan umum, 100 pasien untuk Gigi, 50 pasien untuk bedah minor, 2 pasien untuk bedah mayor dan 160 pasien untuk pelayanan KB (90 implan, 40 IUD, dan 30 suntik ).

Dalam pelaksanaan kegiatan nanti panitia akan melibatkan beberapa medis dan paramedis yakni, 3 orang dokter spesialis TNI AL, 2 orang dokter umum TNI AL, satu dokter gigi TNI AL, 6 prang PPDS Mata Unair, serta dua orang bidan dari TNI AL.

Dalam penyambutannya, Danlantamal V menyampaikan bahwa, TNI Angkatan Laut merupakan komponen utama pertahanan negara di laut yang salah satu tugasnya adalah melaksanakan pembinaan dan pemberdayaan wilayah laut.

“Tugas tersebut diarahkan untuk menggali dan memberdayakan potensi maritim menjadi potensi pertahanan serta menciptakan kondisi yang kondusif guna mendukung rencana pembangunan nasional.” Ucap Danlantamal saat penyambutan acara baksos, Selasa, (7/2/17).

Salah satu cara agar tugas tersebut dapat terwujud adalah dengan menyelenggarakan Bakti Sosial TNI AL yang merupakan operasi bakti TNI AL dalam rangka pembinaan potensi maritim khususnya pembinaan desa pesisir.

“Dimana melalui pembinaan desa pesisir, TNI AL menyiapkan ruang, alat, kondisi juang dan pembinaan potensi maritim sebagai kekuatan pengganda pertahanan di laut,” terang Danlantamal.

Selain memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada ribuan pasien,  Lantamal V dalam operasi bakti ini juga memberikan 400 paket sembako bantuan dari Dinas Sosial Jember kepada masyarakat prasejahtera, pembuatan akte kelahiran, pembuatan E-KTP dan pemberian premi asuransi kepada masyarakat nelayan Puger. (Tls)

Add a Comment