Lantamal IX Gelar Tanam 2500 Terumbu Karang

Ambon (wartasas.com) – Aksi penyelematan terumbu karang yang digalakkan Lantamal IX,  diharapkan mampu menyelamatkan potensi kekayaan laut Indonesia melalui upaya melindungi, melestarikan dan memanfaatkan sumber daya terumbu karang secara berkelanjutan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Lantamal IX pada Senin, 30 Januari 2017 melaksanakan kegiatan penanaman terumbu karang yang dikemas dalam rangka  memperingati Hari Dharma Samudra Tahun 2017, dengan mengambil tema “Mari Jaga Katong Pung Laut dan Pantai Menuju Laut Biru dan Pantai Bersih Berseri”.

Kegiatan yang dilaksanakan di Pantai Tihulesi Desa Hukurila Kec. Leitimur Selatan Kota Ambon tersebut melibatkan ratusan penyelam yang terdiri dari penyelam Lantamal IX Ambon, Lanud Pattimura,  Bakamla, Brimod Polda Maluku, KPLP dan Diving Club wilayah Ambon.

Dalam sambutannya Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono, S.E.,  M. Tr (Han) menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari peringatan Hari Dharma Samudera  tahun 2017 dengan melaksanakan kegiatan penanaman dan rehabilitasi terumbu karang di pantai Hukurila.

“Terumbu karang merupakan tempat tinggal dan berkembang biak ikan dan biota laut lainnya. Selain itu, kebersihan pantai dan keindahan laut sangat tergantung dari bagaimana kita berperilaku hidup di darat.” Ucap  Komandan Lantamal IX dalam sambutannya, Senin, (30/1/17).

“Oleh karena itu, penanaman dan rehabilitasi terumbu karang yang dilakukan saat ini hanya dapat dilakukan melalui kesadaran kita tentang pentingnya mencintai lingkungan,” tambahnya.

Kegiatan penanaman terumbu karang harus terus dilanjutkan untuk menciptakan keseimbangan dan kelestarian lingkungan serta tetap mempertahankan keindahan bawah laut. Oleh karena itu diharapkan kepada seluruh masyarakat agar senantiasa peduli terhadap lingkungan hidup agar lingkungan tidak menjadi rusak. (roch/Tls)

Add a Comment