Kowal Siap Dukung TNI AL Berkelas Dunia  

Surabaya (wartasas.com) – Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) wilayah Surabaya  gelar apel khusus di Koarmatim dalam rangka memperingati dan menyambut HUT Kowal Ke 54.

Apel khusus yang digelar Kamis, 5 Desember 2017 di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya, dipimpin oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P.

Tampak hadir dalam apel khusus, Komandan Lantamal V Laksma TNI Edi Sucipto S.E,  Komandan Kodiklatal Laksda TNI Tri Wahyudi Sukarno, S.E.,M.M., dan Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M.

Seluruh Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) wilayah Surabaya yang berjumlah 540 prajurit berbaris rapi mengikuti jalannya apel khusus.

Dalam pidato singkatnya, Pangarmatim Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P. membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi,S.E.,M.A.P, bahwa dengan bertemakan “Kowal Hebat dan Bermartabat Siap Mendukung TNI AL Berkelas Dunia”, Kowal perlu meningkatkan potensi diri, menjadi prajurit profesional, tangguh dan handal.

“Dan yang terpenting diimbangi dengan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Disamping itu, tema tersebut mengandung makna akan kesadaran jati diri anggota Korps Wanita TNI Angkatan Laut sebagai wanita Indonesia yang harus menjunjung tinggi martabat dan harga diri. Serta, senantiasa mengedepankan nilai- nilai kesantunan, keluwesan dan kesahajaan tanpa meninggalkan keberanian, kejujuran dan keterbukaan.” Tutur Pangarmatim membacakan amanat Kasal, Kamis, (5/1/17).

“Disamping itu, penempatan anggota Korps Wanita TNI Angkatan Laut di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) berjenis Landing Platform Dock (LPD) sejak tahun 2013, sampai saat ini berlangsung dengan baik,” tambahnya.

Hal ini membuktikan, bahwa anggota Korps wanita TNI Angkatan Laut mampu beradaptasi dengan peraturan, situasi dan kondisi Kapal Perang. Anggota Korps Wanita TNI Angkatan Laut juga telah membuktikan diri bahwa mereka juga mampu membangun kerja sama yang solid dengan para ABK KRI yang pada umumnya adalah pria.

“Hendaknya, keberhasilan tersebut menjadi suri tauladan bagi seluruh anggota Kowal dimanapun mereka berdinas,” ujar Pati berbintang empat tersebut.

Usai menggelar apel khusus, seluruh Kowal mengikuti serangkaian acara untuk menyemarakkan HUT Ke 54, dengan menyajikan berbagai acara seperti menampilkan tarian, fashion show, grup musik andalan Koarmatim dan memotong tumpeng sebagai rasa syukur atas rahmat Tuhan yang telah diberikan, sehingga Kowal mampu menunjukkan eksistansinya terus hingga menginjak tahun ke 54.

Berbagai kegiatan telah dilakukan Kowal wilayah Surabaya, mulai dari donor darah, Anjangsana antara keluarga besar Kowal Wilayah Surabaya, baksos pemeriksaan kesehatan gigi terhadap anak-anak, dan masih banyak kegiatan lainya menjelang HUT Kowal Ke 54. (Tls)

Add a Comment