Koarmatim Gelar Sertijab Tiga Jabatan Komando

Surabaya (wartasas.com) – Serah Terima Jabatan (Sertijab) merupakan proses penyegaran dalam suatu badan kemiliteran TNI AL sehingga dapat terus meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi. Hal ini disampaikan langsung oleh Pangarmatim dalam Sertijab Komandan Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmatim, Komandan Lantamal X Jayapura dan penyerahan jabatan Komandan Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmatim.

Acara sertijab tiga jabatan Komando Koarmatim yang dilaksanakan di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung, Surabaya pada, Rabu pagi, 11 Oktober 2017 dipimpin langsung oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P.

Serah terima jabatan Komandan Guskamlaarmatim dari  Laksamana Pertama (Laksma) TNI I.N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M., kepada Kolonel Laut (P) Agus Hariyadi dan Komandan Lantamal X Jayapura dari Laksamana Pertama (Laksma) TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M.,  yang merupakan  alumni AAL Angkatan 34 tahun 1988 kepada  Laksma TNI I.N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M., yang merupakan  alumni AAL Angkatan 32 tahun 1987  serta penyerahan jabatan Komandan Satkorarmatim dari Kolonel Laut (P) Agus Hariadi yang merupakan  alumni AAL Angkatan 38 tahun 1992  kepada Pangarmatim. Selanjutnya Laksma TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M., akan menempati jabatan baru sebagai Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Barat (Kasarmabar), upacara sertijab dengan Komandan Upacara  Letkol Laut (P) Andike Sry Mutia yang sehari – hari menjabat sebagai Komandan KRI Nala – 363 Satkorarmatim.

Dalam amanatnya Pangarmatim menyampaikan, bahwa serah terima jabatan (Sertijab) dalam suatu organisasi merupakan bagian dari pembinaan personel untuk memberikan kesempatan dan peluang bagi para perwira untuk mengembangkan karier dan mengaktualisasikan kemampuan konseptualnya guna mewujudkan kinerja organisasi yang lebih baik.

“Dengan serah terima jabatan diharapkan dapat menciptakan pembaharuan semangat dan penyegaran pemikiran guna terus meningkatkan kualitas kinerja, baik bagi organisasi maupun personel yang bersangkutan,” ucap Pangarmatim dalam amanatnya, Rabu, (11/10/17).

Dalam kesempatan sertijab tersebut, selaku pemimpin Koarmatim, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi  serta apresiasi atas keberhasilan Laksma TNI I.N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M., Laksma TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M., dan Kolonel Laut (P) Agus Hariadi atas dedikasi, loyalitas dan pengabdiannya selama ini.

“Perlu diingat kembali, bahwa penempatan dalam jabatan adalah amanah yang harus diemban dan kepercayaan yang harus dijaga, yang berarti kehormatan sekaligus kebanggaan. Berbuat yang terbaik untuk organisasi dengan penuh pengabdian dan tanggung jawab, dengan bekal pengalaman dan penugasan sebelumnya serta melalui inovasi dan kreativitas akan mampu meningkatkan prestasi kinerja organisasi secara optimal,” tegas pangarmatim mengingatkan.

Pangarmatim juga mengingatkan, untuk memahami dan menghayati yang menjadi Job Discription sesuai jabatan masing – masing, cermati dinamika lingkungan sekitar agar mampu mengantisipasi setiap perubahan yang terjadi secara tepat dan proporsional dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan tugas, tingkatkan profesionalisme prajurit yang bermoral dan beretika serta pelihara dan tingkatkan soliditas antara sesama prajurit TNI, Polri dan instansi serta rakyat dimanapun bertugas. (Tls)