Kenali Lebih Dekat Alutsista TNI AL, Maba Diajak Ikut Joy Sailing

Surabaya (wartasas.com) – Untuk memperkenalkan lebih dekat Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut, TNI AL Koarmatim mengajak Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya untuk mengikuti  kegiatan Joy Sailing.

Acara Joy Sailing yang dilaksanakan pada Senin, 21 Agustus 2017 menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), bertujuan sebagai bekal pengetahuan tentang keangkatanlautan, Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya Tahun Ajaran 2017-2018.

Sebelum pemberangkatan, Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P., memberikan pengarahan kepada Maba bahwa, kepada seluruh Mahasiswa agar selalu bersikap jujur dimanapun dan kapanpun berada.

“Selamat berlayar bersama KRI dr. Soeharso, pelajari teknologi apa saja yang ada di kapal, tanyakan kepada Anak Buah Kapal (ABK) segala hal yang kalian ingin ketahui. Dan bagaimana Indonesia kedepan menuju poros maritim dunia.” Ucap Pangarmatim dalam pembekalannya sebelum Maba mengikuti Joy Sailing, Senin, (21/8/17).

“Tugas generasi muda adalah mewujudkannya. Untuk itu, gali potensi-potensi maritim yang ada di Indonesia, seperti semboyan nenek moyangku seorang pelaut, Jalesveva Jayamahe yang artinya Justru di Laut Kita Jaya,” tambah Pangarmatim dengan semangat.

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara UHT dengan TNI Angkatan Laut khususnya Koarmatim. Joy sailing kali ini menggunakan KRI dr. Soeharso-990 dari jajaran Satuan Kapal Bantu (Satban) Koarmatim yang berlayar mengarungi Perairan Selat Madura untuk mengenalkan, melihat dan sekaligus merasakan kebesaran dunia maritime.

Hal ini sangat penting untuk menambah pengetahuan bagi mahasiswa baru tersebut mengingat Universitas Hang Tuah yang terkenal dengan sebutan “Kampus Laut Biru” lebih mengedepankan dalam hal kemaritiman.

Kedatangan rombongan Maba UHT yang dipimpin oleh Rektor UHT Surabaya Laksda TNI (Purn) Dr. Ir. Sudirman, S.I.P., S.E., M.A.P., ke Koarmatim ini diterima oleh Pangarmatim Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P., di gedung PTA, Koarmatim, Ujung, Surabaya.

Pelayaran yang berlangsung hingga siang hari ini merupakan Program Pendampingan Mahasiswa Baru (Prodammaba 2017) Universitas Hang Tuah. Kegiaran diawali dengan pengenalan KRI SHS-990 serta safety brief oleh Palaksa yaitu Mayor Laut (P) Lexy Dumais. Sedangkan Komandan KRI Letkol Laut (P) Ari Krisdiyanto sehari hari menjabat sebagai Komandan KRI Surabaya. (Tls)