Kasarmatim Melepas Satgas TNI Menuju Bima

Surabaya (wartasas.com) – Dalam rangka membantu meringankan beban korban banjir bandang yang terjadi di daerah Bima Nusa Tenggara Barat (NTB), Koarmatim juga langsung mengambil tindakan dengan mengirimkan pasukan dan bantuan.

Upacara pelepasan Satuan Tugas (Satgas) TNI dengan KRI Bintuni-520 yang dikomandani oleh Mayor Laut (P) R.Yusup Yanto, M.Tr.(Hanla)., menuju Bima, yang digelar pada Minggu, 25 Desember 2016 di Dermaga Koarmatim, Ujung Surabaya, dipimpin langsung Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI I.N.G. Ariawan, S.E.,M.M.,

Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S. H., M. A. P., memerintahkan kepada prajurit dibawah jajarannya untuk mengumpulkan pakaian layak pakai, selimut dan perlengkapan lainnya yang akan disumbangkan pada masyarakat korban banjir bandang di Bima dan sekitarnya.

Selain bantuan logistik dari TNI termasuk Mabes TNI, Koarmatim, Kodam V Brawijaya dan Lantamal V, serta satuan-satuan lainnya, KRI Bintuni-520 juga mengirimkan pasukan sejumlah 265 orang yang tergabung dalam Satgas TNI untuk memberikan bantuan kesehatan kepada korban banjir Bima.

Satgas gabungan TNI yang diketuai oleh Karumkital dr.Ramelan Laksma TNI dr.I.D.G Nalendra, D.I., Sp. B., Sp. BTKV (K) tersebut terdiri dari personel Puskes TNI, Yonkes Kostrad 100 orang, RSPAD 11 orang, sedangkan TNI Angkatan Laut mengirimkan 100 orang dari Yonkes Marinir, 16 orang dari RSAL dr. Ramelan., 1 Set Kapdurlap, dan Diskes TNI AU 5 orang,  Paskhas 30 orang.

“Siklon tropis Yvette saat ini posisinya di Samudera Hindia, sekitar 620 km sebelah selatan Denpasar dengan arah dan gerak Utara Timur Laut hal tersebut menyebabkan hujan deras di wilayah Indonesia bagian selatan, memicu hujan ekstrem di beberapa wilayah di NTB, khususnya Bima dan Sumbawa,” kata Sutopo Purwo Nugroho, juru bicara BNPB. (Tls)

Add a Comment