Kasarmatim dan Danlantamal V Jajal Olahraga Panah

Surabaya (wartasas.com) – Usai melaksanakan latihan menembak menggunakan Rapid Fire dan Slow Fire dengan jarak tembak 25 m, Kasarmatim Laksamana Pertama (Laksma) TNI I.N.G. Ariawan, S.E., M.M., dan Danlantamal V Laksaman Pertama TNI Edi Sucipto, S.E. langsung menjajal olahraga memanah.

Dalam latihan memanah yang dilakukan Jumat, 27 Januari 2017, di lapangan tembak Lantamal V Surabaya, tampak turut hadir Wakil Komandan Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Wadan Kodiklatal) Brigjen TNI Marinir Kasirun Situmorang, Komandan Kodikopsla, Kodiklatal Laksma TNI Sandi Asmara, Dirdok Kodiklatal Laksma TNI Irwan dan pejabat TNI AL lainnya.

Danlantamal V Laksaman Pertama TNI Edi Sucipto, usai latihan mengatakan, bahwa menembak dengan menggunakan laras pendek maupun laras panjang sudah merupakan makanan pokok bagi prajurit.

“Dan, kini para perwira tinggi ini kita ajak latihan yang berbeda, yakni menjajal olahraga panahan.” Ucap Danlantamal V usai latihan tembak, Jumat, (27/1/17).

Lantamal V sengaja mendatangkan para instruktur dari Yanus (sebutan kelompok hoby di TNI AL;Red)  Panahan TNI AL yang berada dibawah binaan Komandan Puspenerbal.

Dalam latihan panahan tersebut menggunakan alat Standart Bow untuk pemula kemudian dilanjutkan dengan pengenalan alat Panahan standart Internasional, Divisi Recurve dan Compound dari Tim Yanus TNI AL.

Menurut Danlantamal V, keberadaan Lapangan Tembak Lantamal V JW.Kainama yang baru diresmikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E.,M.A.P ini mulai dimanfaatkan keberadaannya bukan hanya oleh prajurit Lantamal V saja, namun bisa digunakan oleh prajurit dari satuan-satuan TNI AL lainnya dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AL dibidang menembak.

“Menembak merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap prajurit, sehingga keberadaan fasilitas lapangan tembak seperti ini, sangat dibutuhkan oleh prajurit untuk mengasah kemampuannya,” terang Danlantamal.

Sebelumnya juga, pada Kamis, (26/1/17), Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) Koarmatim juga laksanakan latihan menembak.

Latihan yang berberlangsung di Lapangan Tembak Koarmatim, Ujung, Surabaya, dipimpin langsung oleh Pakor Wan TNI Kolonel Laut (KH/W) Dra. Zahar Mahmudah yang sehari – hari menjabat Kaprimkopalarmatim di dampingi Pater Kowal Armatim Letkol Laut (KH/W) Uciek Darmayani, S.T.

Latihan menembak tersebut, terbagi dua yaitu menembak Pistol Sig Sauer untuk   perwira dan senjata laras panjang M – 16 untuk bintara. Bertujuan, meningkatkan kemampuan menembak untuk tingkat perorangan, yang digelar dalam rangka Binopslat Kowal.

Dalam latihan menembak tersebut, anggota Kowal  diharuskan dapat memahami bidang pengetahuan tehnik dan taktik menembak tentang karakteristik Pistol dan  Senapan M-16 . (Tls

Add a Comment