Kasal : Wisuda Merupakan Momen Pencapaian Tertinggi dari Proses Pendidikan

Surabaya (wartasas.com) – Acara wisuda merupakan momen pencapaian tertinggi dan membahagiakan dari proses pendidikan mahasiswa yang menjadi wisudawan. Hal ini, sekaligus merupakan bentuk keberhasilan pelaksanaan tugas Universitas Hang Tuah sebagai lembaga pendidikan tinggi.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P dikesempatan Rapat Senat Terbuka UHT (Universitas Hang Tuah) dalam rangka Wisuda XLVII Diploma-III & Strata-1 serta Wisuda XXV Strata-2, yang digelar pada Sabtu, 24 Maret 2018 di Graha Samudera Ganesa, Universitas Hang Tuah Surabaya.

Tampak turut hadir dalam Rapat Senat Terbuka Universitas Hang Tuah, Pangarmatim Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E.,M.M., dan Danlantamal V) Kolonel Laut (P) Edwin, S.H.

Dalam sambutannya, Kasal menyampaikan bahwa, UHT sejak lama telah aktif dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan IPTEK kelautan yang di implementasikan dalam pendiran UHT dengan visi kelautan, yang merupakan salah satu pilar kebijakan maritim Indonesia.

“Berdirinya UHT merupakan wujud nyata peran TNI AL dalam mengembangkan sumber daya manusia dan iptek kelautan sebagai salah satu pilar kebijakan maritim Indonesia,” ucap Kasal dalam sambutannya, Sabtu, (24/03/18).

“UHT juga secara konsisten melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi yang didasarkan pada visi dan misi kelautan serta diimplementasikan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Hal ini, selaras dengan kebijakan pembangunan nasional, yaitu kembali ke laut dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” tambahnya.

UHT melantik wisudawan sebanyak 515 mahasiswa yang terdiri dari program DIII 61 mahasiswa, S1 417 mahasiswa dan S2 37 mahasiswa. Dengan demikian, hingga saat ini  UHT telah mewisuda  10.993 orang terdiri dari program Diploma III berjumlah 1.864 orang, Sarjana 8.758 orang dan program Magister 310 orang.

Usai prosesi wisuda, dilaksanakan peresmian penggunaan Nama Gedung Laksamana Nala sebagai nama gedung Rumah Sakit Gigi Mulu (RSGM) Nala Husada dan Gedung Pulau Soleh Selaru sebagai gedung Kelas bersama PDP, FTKI, Prodi Farmasi FK UHT dengan dihadiri oleh Kasal. (Tls)