Kasal Wisuda 102 Sarjana Taruna AAL Angkatan Ke 63

Surabaya (wartasas.com) – Sebagai perwira remaja TNI Angkatan Laut yang akan meniti karier di berbagai satuan penugasan akan dihadapkan dengan berbagai tantangan tugas sebagai perwira pertama, kompleksitas kehidupan sosial kemasyarakatan serta perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan lingkungan strategis.

Amanat tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. dalam upacara penutupan pendidikan sekaligus mewisuda Sarjana Sains Terapan Pertahanan (S.Tr. (Han)) bagi 102 calon Perwira lulusan Akademi Angkatan Laut  (AAL)  angkatan ke-63, pada Jumat, 06 Juli 2018 di Gedung Maspardi, AAL Bumimoro, Surabaya.

Tampak turut hadir dalam upacara penutupan Gubernur AAL Laksamana Muda  TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., dan Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Surabaya Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H.

Upacara ini menandai berakhirnya pendidikan Taruna AAL angkatan ke-63 tahun 2018. Sebanyak 102 Taruna AAL yang dinyatakan lulus, antara lain  Korps Pelaut 40 orang, Korps Tehnik 17 orang, Korps Elektronika 12 orang, Korps Suplai 13 orang dan Korps Marinir 20 orang.

Mereka yang mengikuti penutupan pendidikan ini adalah para Taruna yang telah berhasil dididik, dilatih, dibina, diasuh dan di gembleng baik fisik, mental maupun akademik selama empat tahun lamanya di kampus Bumimoro AAL. Berakhirnya masa pendidikan di AAL merupakan awal dari rangkaian panjang penugasan dan pengabdian yang sesungguhnya sebagai Perwira TNI AL.

Selain memperoleh gelar S.Tr.(Han), para Taruna AAL juga berhak menyandang pangkat Letnan Dua setelah disumpah dalam upacara Prasetya Perwira bersama rekannya dari Taruna Akademi Militer (Akmil), Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) dan Akademi Kepolisian (Akpol) pada tanggal 19 Juli 2018 di Istana Negara Jakarta dengan Inspektur Upacara Presiden RI Ir. JokoWidodo.

Keluar sebagai lulusan terbaik masing-masing korps dan berhak mendapat piagam penghargaan adalah Korps Pelaut Sermatutar (P) Duta Daniswara, S.Tr. (Han), Korps Teknik Sermatutar (T) Muhamad Ridho Munawar Purba, S.Tr.(Han), Korps Elektronika Sermatutar (E) Jalu Wira Aditama, S.Tr.(Han),  Korps Suplai Sermatutar (S) Catur Arum Nuryani, S.Tr. (Han) dan Korps Marinir Sermatutar (M) Muhammad Faishal Djuhaeri, S.Tr. (Han).

Sedangkan yang berhasil keluar sebagai lulusan terbaik dan berhak mendapatkan penganugerahan Bintang Adhi Makayasa adalah Sermatutar (M) Muhammad Faishal Djuhaeri, S.Tr.(Han). Sementara itu yang berhasil keluar terbaik Taskar atau skripsi terbaik dan berhak mendapatkan penghargaan Adhi Pratama Karya adalah Sermatutar (P) Yogi Artandi,S.Tr. (Han). Sedangkan Sermatutar (S) Catur Arum Nuryani, S.Tr. (Han) berhasil meraih prestasi sebagai Taruni AAL Terbaik tahun 2018. (Tls)