Kadispenarmatim : Prajurit Harus Cermat dan Bijak Menyingkapi Kemajuan Teknologi

Surabaya (wartasas.com) – Dalam era informasi terbuka saat ini, kecepatan teknologi dan informasi akan membuka wawasan prajurit dan Aparatur Sipil Negara Koarmatim dalam mengakses kebutuhan informasi melalui satu sentuhan melalui telepon genggam.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kadispen Koarmatim Letkol Laut (KH) Suratno, S.S dalam kesempatan pelaksanaa kegiatan upacara penaikan bendera yang rutin dilaksanakan oleh gabungan satuan kerja di lingkungan Koarmatim.

Pada minggu ke-4 di bulan Nopember, Dinas Penerangan (Dispen) dan Dinas Keuangan (Disku) Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) menjadi pelaksana kegiatan upacara penaikan bendera.

Dalam amanatnya Kadispenarmatim menyampaikan, bahwa, di era kecepatan teknologi dan informasi yang  semakin canggih ini, perlu cara bijak dan cermat dalam penggunaannya. Karena itu sebagai prajurit dan ASN yang berdinas di lingkungan militer harus menjunjung tinggi norma dan etika sesuai aturan yang berlaku.

“Dinas Penerangan Koarmatim mengemban fungsi sebagai penghubung dengan media massa yang membutuhkan informasi tentang TNI AL, oleh karena itu peran dan tugas penerangan sangat penting untuk menciptakan opini publik yang positif dan humanis,” tutur Kadispen Koarmatim dalam amanatnya, Senin, (27/11/17).

“Bentuk konkret dapat berupa penyusunan kode etik peliputan dan pemberitaan terkait TNI AL, yang menjamin keterbukaan dari TNI AL tapi juga komitmen media massa untuk melakukan pemberitaan yang berimbang dan komprehensif,” tambahnya.

Kadispen juga menekankan untuk tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai wujud amalan dari sumpah prajurit dan Sapta Marga.

“Tingkatkan kepedulian dan rasa memiliki sehingga tercipta lingkungan kerja yang kondusif dalam mendukung tugas Koarmatim, patuhi aturan dan hukum yang berlaku serta bekerja dengan ikhlas sebagai wujud sikap disiplin dan menjadi contoh bagi masyarakat,” tegasnya.

Prajurit harus menjaga solidaritas dan soliditas dengan sesama prajurit dan ASN dalam mendukung tugas sebagai aparatur negara serta tingkatkan kemampuan, ketrampilan sesuai tugas dan tanggung jawab masing- masing sebagai wujud pengabdian kepada bangsa dan negara.

Dalam pelaksanaan upacara bendera ini diikuti ton bersenjata gabungan Dispen Koarmatim, Disku Koarmatim dan Pekas Mako serta gabungan pleton Perwira Menengah, pleton Perwira Pertama, Pleton Aparatur Sipil Negara (ASN) dan satu pleton Satsik dari Lantamal V Surabaya.

Sedangkan, pasukan upacara di bawah pimpinan Mayor Laut (P) Mulyadi yang sehari – hari menjabat sebagai Kasi Penpas Dispenarmatim. (Tls)