Jelang Hari Armada 2017, Lantamal XII Laksanakan Ziarah Makam Pahlawan

Pontianak (wartasas.com) – Menyambut Hari Armada RI 2017, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut Lantamal XII Pontianak melaksanakan upacara ziarah ke Taman Makam Pahlawan sebagai wujud kepedulian terhadap jasa para pahlawan NKRI.

Ziarah makam yang dilaksanakan pada Senin, 04 Desember 2017, di Taman Makam Pahlawan (TMP)  Dharma Patria Jaya, Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat, dihadiri Danlantamal XII Pontianak Kolonel Laut (P) Edi Haryanto, S.E.

Dalam amanatnya, Danlantamal XII Pontianak Kolonel Laut (P) Edi Haryanto, S.E menyampaikan bahwa, kegiatan ziarah ini dilaksanakan untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa para Pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan merebut, membela, dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Tujuan kegiatan yang sudah menjadi tradisi sebelum peringatan Hari Armada ini adalah untuk mengirim doa dan mewarisi nilai-nilai perjuangan dari para pahlawan terdahulu,” ucap Danlantamal XII dalam amanatnya, Senin, (04/12/17).

“Selain itu juga, untuk mengenang dan meresapi jasa para Pahlawan Kusuma Bangsa dan mengingat semangat patriotisme yang telah ditunjukan oleh para pendahulu, maka seyogyanyalah sebagai penerus Bangsa kita wajib mengingat, mengenang dan meneruskan apa yang mereka cita-citakan,” imbuhnya.

Pelaksanaan Ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga secara simbolis di Taman Makam Pahlawan (TMP)  Dharma Patria Jaya oleh inspektur upacara Asisten Operasi (Asops) Danlantamal XII Pontianak dan penghormatan terakir kepada arwah para Pahlawan serta dilanjutkan dengan tabur bunga di makam para Pahlawan oleh seluruh peserta ziarah. (Ir/Tls)