Gubernur AAL : Taruna AAL Harus Menjadi Perwira Berintegritas, Berpengetahuan dan Terampil Dalam Tugas

Surabaya (wartasas.com) – Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) harus menyiapkan diri untuk menjadi perwira yang berintegritas, berpengetahuan dan terampil dalam tugasnya. Karena, TNI Angkatan Laut merupakan komponen utama pertahanan negara di laut, yang dituntut agar terus membenahi diri dalam menyediakan standar keamanan maritim yang ideal dalam rangka menyukseskan pembangunan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Hal tersebut disampaikan secara tegas oleh Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, SE., M.M. saat memberikan kuliah umum kepada taruna/taruni AAL tingkat I, II, III, IV bertemakan “Penguatan Wawasan Kemaritiman Taruna AAL dalam Proyektif Keutuhan NKRI” pada Rabu, 17 April 2019 di gedung Maspardi, AAL Bumimoro Surabaya.

Dalam kuliah umum tersebut Laksamana Muda TNI Edi Sucipto menyampaikan bahwa, Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia ini dijadikan momentum mengajak seluruh bangsa Indonesia, bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan merupakan suatu keniscayaan yang tidak bisa dipungkiri artinya segala sesuatunya harus berangkat dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Poros maritim dunia merupakan sebuah tekad untuk menjadikan negara Indonesia sebagai negara maritim yang besar, kuat dan makmur,” ucap Edi dalam paparannya, Rabu, (17/04/19).

“Melalui identitas Indonesia sebagai negara maritim inilah sehingga diperlukan pengamanan kepentingan dan keamanan di wilayah maritim Indonesia, pemberdayaan seluruh potensi maritim Indonesia demi kemakmuran bangsa, pemerataan ekonomi di seluruh negeri Indonesia melalui tol laut dan melaksanakan diplomasi maritim dalam bingkai politik luar negeri Indonesia,” sambungnya.

Selain itu Gubernur AAL memberikan materi tentang Wawasan Nusantara. Hakikat Wawasan Nusantara adalah persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam pengertian cara pandang bangsa Indonesia tersebut harus mencakup perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan Ipoleksosbudhankam, Wawasan Nusantara merupakan wawasan nasional yg memuat ajaran agar kita dapat lebih memahami jati diri, lingkungan kehidupan nasional dan kehendak pendiri bangsa mengenai kelanjutan negara yang berdasar pada Proklamasi 17 Agustus 1945. (Tls)