Eratkan Persaudaraan Kopaska dan US Navy Seals Dalam Latma Thunder Iron

Surabaya (wartasas.com) – Usai sudah latihan antar dua Negara wujud dari kebijaksanaan dan kerja sama luar negeri antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Amerika khususnya dalam bidang kemiliteran.

Latihan Bersama (Latma) antara Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI Angkatan Laut dan United States (US) Navy Seals dengan sandi Thunder Iron 17-2446, resmi ditutup pada Kamis, 24 Agustus 2017 di Audiotorium Pusat Latihan Kapal Perang (Puslat Kaprang) Kolatarmatim, Ujung Surabaya.

Dalam acara penutupan yang dipimpin oleh Komandan Komando Latihan Armada RI Kawasan Timur (Dankolatarmatim) Kolonel Laut (P) Kisdiyanto,  Komandan Satgas Latihan Thunder Iron 17-2446 Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko yang sehari-harinya menjabat sebagai Komandan Satkopaska Koarmatim membacakan hasil latihan bahwa, peserta latihan yang terdiri dari 60 personel TNI AL dan 21 personel U.S. Navy Seals telah berhasil melaksanakan program latihan sesuai rencana dan prosedur dengan aman dan sukses, tanpa kerugian personil maupun materiel.

Selanjutnya, Dankolatarmatim menyampaikan sambutan Asisten Operasi (Asops) Kasal, Laksamana Muda (Laksda) TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, S.E., bahwa, latihan yang telah berlangsung mulai tanggal 4 hingga 25 Agustus 2017 merupakan  wujud dari kebijaksanaan dan kerja sama luar negeri antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Amerika khususnya dalam bidang kemiliteran.

“Jadi harus disadari serta dipahami betul khususnya bagi Kopaska Koarmabar dan Koarmatim, latihan bersama ini adalah upaya pimpinan untuk melaksanakan pembinaan serta perawatan personel,” Ucap Asops Kasal, Kamis, (24/8/17).

“Diharapkan, dalam Latma ini dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan baik tehnik dan taktik perorangan maupun tim, sehingga tercapai kemampuan prajurit yang benar-benar profesional khususnya dalam naval special warfare,” tambahnya.

TNI Angkatan Laut mengucapkan berterima kasih atas keberhasilan latihan Thunder Iron 17-2446 kepada semua pihak yang mendukung kegiatan latihan yang berlangsung di Surabaya.

“Khususnya kepada prajurit US.Navy Seals, US. Marsoc, Special Boat Unit, ODC Staff, saya mewakili pemerintah Indonesia terhadap pelaksanaan latihan bersama ini, semoga latihan yang melibatkan pasukan khusus dari kedua negara dapat dilaksanakan dan ditingkatkan di masa-masa mendatang dapat meningkatkan kemampuan personel dan mempererat hubungan antara Kopaska TNI AL dengan US.Navy Seals,” terangnya. (Tls)