Drama Kolosal “Merebut Kemerdekaan” Ramaikan HUT TNI AL Ke 72 di Koarmatim

Surabaya (wartasas.com) – Menyambut HUT TNI AL Ke 72, Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) menggelar upacara parade dan defile, serta pertunjukkan drama kolosal pertarungan kerajaan Mongol dengan Kerajaan Majapahit yang dipersembahkan oleh SMU Hangtuah 1 Surabaya dan sosiodrama dari Komunitas Ksatryan Majapahit Surabaya.

Dalam upacara parade dan defile yang dilaksanakan pada Senin, 11 September 2017 di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung, Surabaya, dipimpin oleh Kepala Staf Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Roberth Wolter Tappangan, S.H., mewakili Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim).

Dalam pidatonya, Kasarmatim membacakan amanat Kasal, bahwa, pada hakekatnya upacara peringatan hari jadi TNI Angkatan Laut Ke 72 memiliki makna historis sebagai upaya pelestarian momentum awal kelahiran dan perjuangan TNI Angkatan Laut dalam mengisi kemerdekaan.

“Serta, menegakkan integritas, kedaulatan bangsa dan negara serta makna evaluatif sebagai momentum introspeksi dan evaluasi diri, tentang kekurangan dan kelebihan pelaksanaan tugas di masa lalu guna pemantapan dan penyempurnaan di masa mendatang.” Tutur Kasarmatim membacakan amanat Kasal, Senin, (11/9/17).

“Dengan mengambil tema Bersama rakyat, TNI Angkatan Laut siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian”, diharapkan HUT TNI AL tahun ini menjadi sarana refleksi pelaksanaan tugas-tugas pembinaan dan operasional TNI AL guna mendukung program pemerintah menjadikan Indonesia menjadi poros maritim dunia,” tambahnya.

Koarmatim dalam rangka memeriahkan HUT TNI AL Ke 72 telah melaksanakan berbagai kegiatan meliputi, Donor Darah, lomba kebersihan lingkungan Flat DBAL, Ziarah ke TMPN (Taman Makam Pahlawan Nasional) 10 November, Lomba Memancing Ikan Bandeng antar satker dan Panen Bandeng di tambak Koarmatim.

“Nanti pada acara puncak HUT TNI AL, Koarmatim memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyaksikan secara langsung acara puncak tersebut. Banyak acara yang akan kita gelar salah satunya, lari bersama, gowes bersama serta atraksi atraksi yang dilakukan oleh prajurit TNI AL Koarmatim,” terang Kasarmatim.

Dalam lomba defile pasukan berhasil meraih juara diantaranya, Juara  1 dari Satkopaska Koarmatim dengan nilai 847,2.   Juara  2  Satkor Koarmatim dengan nilai 844,1 dan Juara 3 Pama Kolatarmatim dengan nilai 843. Sedangkan pemenang dalam lomba kebersihan Flat di raih oleh Juara 1 Flat A5 Satsel Koarmatim,  Juara 2 Flat B1 Satkat Koarmatim dan Juara 3 Flat A1 Satkor Koarmatim. (Tls)