Dirjen Kemenristekdikti : Mahasiswa PKBN Dapatkan Pengalaman Luar Biasa Dalam Kegiatan PKBN di KRI Banjarmasin 592

Jakarta (wartasas.com) – Setelah berlayar mulai tanggal 20 hingga 22 Desember, dari Pangkalan Koarmatim Surabaya, KRI Banjarmasin-592 yang mengangkut 636 Mahasiswa peserta Pelayaran Kebangsaan Bela Negara Mahasiswa Indonesia (PKBN MI) tiba di Jakarta.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Prof. Intan Ahmad, Ph.D. melaksanakan penutupan kegiatan PKBMI dalam rangka mendukung Nawacita 2017, pada Sabtu, 23 Desember 2017 di Dermaga Kolinlamil, Jakarta.

Kemenristekdikti dalam sambutannya, menyampaikan bahwa, seiring perkembangan zaman abad 21 yang dikenal sebagai abad informasi dan era globalisasi tantangan paling nyata bagi Indonesia saat ini adalah persaingan kehidupan yang semakin luar biasa, menyentuh hampir seluruh aspek kehidupan manusia, tak terkecuali ideologi, ekonomi, politik, sosial budaya, pertahanan keamanan, dll.

“Sebagai interopeksi, kita menyadari keberhasilan bangsa ini adalah karena tumbuhnya nilai-nilai yang melandasi membaranya semangat bela negara, yaitu rasa cinta tanh air, disertai rasa percaya diri sebagai bangsa besar yang berkeinginan kuat untuk meningkatkan daya saingnya,” ucap Prof. Intan dalam sambutannya, Sabtu, (23/12/17).

“Serta, mensejajarkan diri dengan bangsa-bangsa majudan IPTEK dunia, serta kesadaran yang tinggi untuk membebaskan diri dari kebodohan, keterbelakangan, kemiskinan dan ketidakadilan,” tambahnya.

Selama empat hari maishn menurut  telah melaksanakan kegiatan Pelayara Kebangsaan Bela Negara di KRI Banjarmasin-592, mereka mendapatkan pendidikan dan pengalaman yang luar biasa.

“Diantaranya, karena para Mahasiswa merupakan perwakilan dari seluruh pelosok Indonesia, program ini telah turut berkontribusi terhadap peningkatan kohesi sosial dan pemahaman tentang keragaman Bangsa Indonesia, untuk menjadi Negara yang maju dan sejahtera,” terangnya.

Kegiatan ini baik sekali, karena pada waktunya mereka lulus, para Mahasiswa ini akan mempunyai persahabatan dan jejaring dari seluruh Indonesia yang penting sekali dalam memimpin Indonesia melalui kerjasama antar perguruan tinggi yang bertujuan membangun karakter bangsa melalui media pelayaran kebangsaan bela Negara.

Dalam acara penutupan PKBN MI juga ditampilkan Drum Band dari Gema Sapta Samudera Politeknik Maritim Negeri Indonesia. (Ang/Tls)