Danlantamal V : Prajurit Harus Terus Berlatih, Agar Siap Menghadapi Tantangan Tugas yang Semakin Beragam

Surabaya (wartasas.com) – Prajurit TNI AL khususnya Lantamal V harus terus berlatih dan mempersiapkan diri agar siap menghadapi tantangan tugas yang semakin hari semakin beragam dan menantang.

Hal itu disampaikan langsung oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, S.E.,M.M., dalam kesempatan pembukaan pelaksanaan uji terampil  Glagaspur Pangkalan tingkat I (P-1, L-1)  tingkat II (P-2, L-2) Lantamal V pada Rabu, 06 Desember 2017 di Gedung Serba Guna Lantamal V Surabaya.

Dalam paparannya, Danlantamal V meminta  kepada ketua tim penguji beserta tim penilai untuk menguji dan memberi penilaian  secara obyektif, agar dapat digunakan sebagai referensi tahun-tahun berikutnya serta untuk pembinaan operasi dan latihan para prajurit Lantamal V beserta jajarannya.

“Kegiatan uji terampil pangkalan ini meliputi teori dan praktek keterampilan bagi para prajurit baik secara perorangan maupun kerjasama tim yang memiliki  tujuan yaitu untuk mengetahui seberapa besar hasil pembinaan latihan pangkalan yang hasilnya merupakan suatu besaran nilai sebagai tolok ukur bagi kesiapan pangkalan dalam melaksanakan tugas pokoknya,” ucap pria berkacamata yang akrab disapa Edi saat membuka acara pelaksanaan uji terampil, Rabu, (06/12/17).

Hasil pelaksanaan uji terampil pangkalan kali ini diharapkan dapat memacu dan meningkatkan keterampilan serta profesionalisme para prajurit pangkalan, karena dengan kesiapan pangkalan yang sudah teruji dan terukur, maka semua tugas pokok pangkalan sesuai yang dipersyaratkan dapat tercapai.

“Kemampuan perorangan dan satuan memang harus dilatih, dilatih dan dilatih. Kalau Alutsista, jumlah pasukan khusus, bisa dilihat dari berbagai media, akan tetapi kemampuan perorangan dan satuan akan sulit dilihat,” tegas Danlantamal V.

Bagi beberapa satuan, latihan merupakan salah satu kesejahteraan bagi seorang prajurit, tujuannya prajurit tersebut siap dalam menghadapi tantangan tugas kedepan yang semakin komplek pungkasnya.

Dikesempatan yangs sama, Komandan Kolat Koarmatim Kolonel Laut (P) Kisdiyanto menambahkan, bahwa, diharapkan kepada segenap prajurit Mako Lantamal V beserta Lanal jajarannya selaku peserta latihan dapat melaksanakan kegiatan ini dengan semangat dan serius, memahami betul tugas dan perannya masing-masing.

“Sehingga, rencana latihan yang dibuat dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sehingga akan dapat dihasilkan kwalitas pengawak yang diharapkan,” terangnya. (Tls)