Bekerjasama dengan Menhub, TNI AL Adakan Mudik Grartis 2019

Surabaya (wartasas.com) – Antisipasi lonjakan jumlah penumpang Mudik Lebaran 2019, TNI AL Koarmada II bekerjasama dengan Departemen Perhubungan RI menggelar mudik gratis dengan tema Mudik Bareng BUMN 2019.

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II  Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si., secara tegas memerintahkan jajaran dibawahnya seperti Lantamal V Surabaya, Lantamal VI Makassar, Lantamal VII Kupang, Lantamal VIII Manado dan Lantamal XIII Tarakan untuk membuat survey di wilayah masing-masing.

Pangkoarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto menyampaikan berterima kasih atas apresiasi yang disampaikan oleh Menhub. Mudik gratis tahun ini merupakan suatu prestasi. Karena, sangat membantu nmasyarakat untuk kembali ke kampung halaman merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

“Ini suatu prestasi kemajuan terus menerus. Saya berharap kepada Pak Menteri agar bisa lebih baik lagi dan lebih baik lagi sehingga masyarakat serupa bisa lebih baik lagi,” ucap Pangkoarmada II usai menyambut kedatangan KRI Makassar-590 diprogram Mudik Bareng BUMN di Dermaga Jamrud Surabaya 2019 Senin, (03/05/19).

Dijelaskan juga, Pemerintah bersama TNI mengadakan program perjalanan mudik gratis ini guna melancarkan arus mudik dan meringankan beban masyarakat yang ingin mudik lebaran ke kampung halaman.

Lebih dari 990 penumpang  diberangkatkan dengan KRI Makassar-590 dari Pelabuhan Semayang, Balikpapan menuju Kota Surabaya. Kedatangan KRI Makassar-590 disambut langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Panglima Koarmada II.

KRI Makassar- 590 KRI Makassar 590 yang memilki panjang 125 meter dan lebar 22 meter itu merupakan Alut Sista yang berada di dalam jajaran Satuan Amphibi Koarmada II dengan Komandan Letkol Laut (P) Anton Pratomo.

Menhub mengaku sudah menyiapkan alternatif mudik lewat laut sejak tahun lalu. Alternatif mudik lewat laut ini, disiapkan sebab masyarakat banyak yang belum terfasilitasi.

“Pemerintah harus hadir, oleh karenanya kami melakukan kegiatan ini, siap diadakan (mudik gratis) lagi, sama sama dengan angkatan laut juga,” pungkas Budi. (Tls)