Armada RI Sarana Utama Pencapaian Tugas dan Peran Universal TNI AL

Surabaya (wartasas.com) – Upacara memperingati Hari Armada RI 2016 yang diikuti oleh seluruh prajurit dan jajaran TNI AL Koarmatim berjalan khidmad dan lancar.

Dalam upacara yang digelar, pada Senin, 05 Desember 2016 di dermaga Madura,Koarmatim Ujung,  Surabaya, dipimpin langsung oleh Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksamana Pertama TNI  I.N.G. Ariawan,S.E.,M.M  mewakili Panglima Komando Armada RI Kawasan  Timur (Pangarmatim) Laksamada Muda TNI Darwanto,S.H.,M.A.P

Tampak turut hadir dalam upacara, Wadan Kodiklatal Brigjen Mar Situmorang, Komandan Lantamal V Laksma TNI Edi Sucipto,S.E, Para Pejabat Utama Koarmatim, Koorsahli Pangarmatim, para komandan Unsur yang berada di Pangkalan serta undangan perwakilan TNI Polri dan instansi unsur.

2

Kasal Laksamana TNI Ade Supandi dalam amanatnya yang dibacakan Kasarmatim menyampaikan, bahwa peringatan Hari Armada 2016 bukan kegiatan seremonial namun momen yang mengingatkan kita tentang sejarah  berdirinya Armada RI dan pengabdian yang telah dituraikan berdasarkan sejarah Armada RI.

“Pengabdian berdasarkan sejarah Armada RI adalah hajat dari sebuah negara dalam menyebarkan pengaruh dan melindungi kepentingan nasional. Dan hingga sampai saat ini Armada RI tetap menjadi sarana utama pencapaian tugas dan peran universal TNI Angkatan Laut.” Tutur Kasarmatim membacakan amanat Kasal, dalam kesempatan upacara memperingati Hari Armada, Senin, (5/12/16).

Upacara memperingati Hari Armada RI 2016 kali ini berbeda dari tahun sebelumnya. Selama ini, selalu terpusat di Koarmatim, namun tahun ini untuk pertama kalinya Hari Armada dilaksanakan di Dermaga Kesatrian Dermaga Pondok Dayung, agar memberikan pemahaman tentang eksistensi Armada TNI Angkatan Laut di Jakarta.

3

Armada dituntut untuk mampu mengatasi berbagai bentuk tantangan tugas yang semakin Komleks dan dinami, sejalan dengan visi poros Maritim Dunia. Armada RI Harus mampu hadir untuk melindungi lingkungan dan sumber daya laut, menjaga keamanan, menjamin keselamatan dan mempertahankan kedaulatan negara di Laut.

Melihat konstelasi geografis Indonesia, TNI Angkatan Laut telah menetapkan dua Komando  Armada RI kawasan sebagai Komando Utama operasi selaku Kotama Operasi, dan bertugas menyelenggarakan operasi Intelejen maritim dan operasi dan operasi laut dalam rangka perang dan selain perang diwilayahnya sesuai dengan kebijakan Panglima TNI.

Serta TNI Angkatan Laut bertugas melaksanakan pembinaan kemampuan dan kekuatan Sistim Sejata Armada terpadu (SSAT), operasional dan pembinaan potensi maritim menjadi kekuatan pertahan. (Tls)

 

Add a Comment