Antusias Pemuda Indonesia Ikuti Tes Calon TNI AL Sangat Tinggi

Surabaya (wartasas.com) – Animo masyarakat terutama para pemuda Indonesia khususnya Kota Surabaya dan sekitarnya untuk bergabung menjadi TNI AL sangat tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya para calon prajurit yang terus berdatangan di Mako Pangkalan Utama TNI AL V.

Hingga hari terakhir pendaftaran, Selasa, 09 Januari 2018, tercatat 1.444 orang telah mendaftar ulang di Loket pendaftaran di Mako Lantamal V dan diserahkan kepada Lembaga Penyedia Tenaga Angkatan Laut (Lapetal)  untuk mengikuti seleksi lebih lanjut.

Asisten Personel Komandan Lantamal V Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati, S.Pd., M.AP mengatakan bahwa, pendaftaran penerimaan calon Tamtama Prajurit Karier (PK) TNI AL Gel I tahun 2018 ini berlangsungnya selama satu bulan.

“Hingga saat ini pendaftar di Lantamal V yang sudah tercatat mencapai 1.444 orang, dan hal ini sudah sesuai dengan presiksi awal. Kami memang menargetkan 1500 pendaftar di panda Surabaya,” ucap  Aspers Danlantamal V yang akrab disapa Tresna, Selasa, (08/01/18).

“Jika lebih dari itu, kami akan mempertimbangkan, tapi syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena target sudah terpenuhi hingga 99 persen,” tambahnya dengan penuh senyum lega.

Dengan tingginya animo masyarakat yang ingin bergabung dengan TNI Angkatan Laut ini masih menurut Tresna, maka akan semakin mudah bagi Lembaga Penyedia Tenaga Angkatan Laut (Lapetal) Mabesal untuk menentukan kreteria  prajurit TNI AL yang diinginkan, karena semakin banyak pilihannya.

Mengingat jumlah pendaftaran yang mencapai seribu lima ratusan ini, sudah dapat dipastikan proses seleksi akan berjalan ketat. untuk itu  berharap kepada seluruh peserta tes memaksimalkan waktu yang pendek itu untuk menyiapkan fisik dan mental dalam menjalankan tes nanti.

“Jaga kondisi kesehatan dan mental bajanya, karena itu modal utama untuk bisa menyelesaikan rangkaian tes yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini,” terang Tresna.

TNI AL akan menjalankan proses rekrutmen prajurit secara profesional, objektif dan transparan dengan memegang teguh aturan seleksi yang telah ditetapkan untuk mendapatkan calon Tamtama prajurit Karier (PK) TNI AL Gel I tahun 2018 terbaik sesuai dengan persyaratkan yang ditentukan.

Untuk menghindari penipuan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, TNI AL akan terus mengigatkan para peserta dan orang tua peserta test, untuk waspada dan mengabaikan apabila ada pihak-pihak tertentu yang menawarkan jasa atau bantuan bisa meloloskan peserta dalam saringan masuk menjadi Tamtama prajurit Karier (PK) TNI AL Gel I tahun 2018 ini, dengan meminta sejumlah uang atau barang tertentu. (Tls)