Antisipasi Harga Cabai Melambung, Korcab V Terapkan Gertam Cabai

Surabaya (wartasas.com) – Harga cabai yang kian melambung tentu membuat resah masyarat terutama ibu ibu. Untuk menyiasati hal tersebut, Ketua Korcab V Daerah Jalasenastri Armada Timur Herniwati Edi Sucipto, menerapkan Gerakan Nasional Tanam Cabai (Gertam Cabai).

Gertam Cabai yang digagasi oleh Ketua Korcab V Daerah Jalasenastri Armada Timur Ny. Herniwati Edi Sucipto, kepada anggota dan pengurus di kebun Jalasenastri Korcab V, gigalakkan pada Jumat, 27 Januari 2017.

Gerakan Nasional Tanam Cabai (Gertam Cabai diterapkan oleh Ketua Korcab V merupakan aplikasi dari Gerakan nasional tanam cabai atau Gertam Cabai dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah, sebagai program ketahanan pangan nasional yang dicanangkan oleh  Menteri Pertanian RI untuk menyikapi fluktuasi harga cabai maupun harga sayur mayur lainnya yang terjadi setiap tahun.

Ketua Korcab V Daerah Jalasenastri Armada Timur Herniwati Edi Sucipto, terjun langsung memimpin proses penanaman bibit cabai kedalam polybag yang diikuti oleh semua pengurus Jalasenastri Korcab V DJAT lainnya.

“Dengan menanam cabai sendiri di pekarangan rumah, terlebih dengan menggunakan media polybag yang tidak sampai mengurangi lahan pekarangan, saya yakin mampu memberi solusi permanen bagi ibu-ibu Jalasenastri Korcab V dalam menghadapi fluktuasi harga cabai maupun sayur mayur lainnya yang dapat terjadi setiap saat.” Ucap Eni usai penanaman bibit cabai, Jumat, (27/1/17).

“Sebagai istri prajurit, ibu-ibu Jalasenastri harus cerdas dalam mengolah penghasilan suami sebagai prajurit TNI AL, terkait dengan kondisi harga-harga kebutuhan pokok yang sering naik turun dengan harga selangit,” tambahnya.

“Saya berharap ibu-ibu bisa menerapkan program ini di rumah masing-masing. Sebab tidak ada ruginya untuk menyisihkan waktu sebentar guna menanam cabai atau benih sayur lainnya untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari,” terang istri Danlantamal V. (Tls)

Add a Comment