946 Siswa Se Jatim Ikuti MPLS dan Camp MPLS di Koarmada II

Surabaya (wartasas.com) – Pendidikan karakter merupakan proses pembentukan kepribadian yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional, sprilitualitas, dan kepribadian seseorang. Untuk itu, pentingnya seluruh pelajar untuk mengikuti proses Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Kali ini, pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan Camp MPLS SMA se – Jawa Timur yang dibuka langsung oleh Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Kolonel Laut (P) Sigit Santoso, mewakili Pangkoarmada II pada Senin, 16 Juli 2018 di Dermaga Madura Koarmada II Ujung, Surabaya diikuti sebanyak 946 siswa.

Dalam amanat Pangkoarmada II yang disampaikan oleh Aspotmar bahwa, sesuai dengan tema MPLS kali ini yaitu, “Melalui MPLS Kita Tingkatkan Wawasan Kebangsaan, Cinta Tanah Air, dan Bela Negara guna Pembentukan Karakter Bangsa Dalam Mewujudkan Cita-cita Nasional”, MPLS yang diperuntukan seluruh siswa-siswi SMA kelas X se-Jatim ini bertujuan untuk lebih mengenalkan jati diri bangsa Indonesia.

“Serta, menumbuhkan wawasan berkebangsaan, menumbuhkan semangat bela negara, menumbuhkan sikap anti radikalisme, lebih mengenalkan Alutsista dan tradisi yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut yaitu dengan kegiatan pengarahan, latihan baris berbaris serta wisata edukasi TNI Angkatan Laut,” ucap Aspotmar menyampaikan amanat Pangkoarmada II, Senin, (16/07/18).

Pendidikan karakter atau pendidikan moral merupakan bagian penting dalam membangun jati diri sebuah bangsa, kecerdasan emosional, spiritual, dan kepribadian itu penting dalam membangun karakter yang tangguh, mandiri, aktif, kreatif dan berdedikasi tinggi,” tegasnya.

Lebih lanjut, disampaikan bahwa, kegiatan MPLS merupakan wujud nyata dalam upaya memaksimalkan implementasi pendidikan provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Koarmada II untuk memberikan pembekalan tentang jati diri bangsa, wawasan kebangsaan serta bela negara kepada segenap generasi penerus bangsa.

Kegiatan MPLS merupakan program kerja sama antara Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dengan TNI Angkatan Laut dalam hal ini Koarmada II, yang berlangsung selama dua hari di Mako Koarmada II.

Pada kegiatan MPLS tersebut, seluruh peserta akan di messingkan di atas KRI Surabaya – 591 salah satu jajaran Kapal Perang dari Satuan Kapal Bantu (Satban) Koarmada II. Pada hari pertama MPLS usai pelaksanaan upacara pembukaan, seluruh peserta menerima pengarahan dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, ‎Dr. Saiful Rachman, MM, M.Pd. yang dilajutkan dengan penyampaikan materi oleh instruktur. (Tls)