222 Pelajar Ikuti Joy Sailing Diatas KRI Dr.Soeharso

Surabaya (wartasas.com) – Dalam rangka memperingati Hari Armada (Harma) 2016 sekaligus menyambut Hari Ibu, Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) kembali menggelar kegiatan Joy Sailing.

Acara yang digelar pada Rabu, 21 Desember 2016, dengan  menggunakan KRI  Dr.Soeharso 990 dibawah jajaran Satuan Kapal Bantu (Satban) Koarmatim dengan Komandan KRI Letkol Laut (P) Asep Budiman, diikuti oleh 222 pelajar SMP, SMA dan SMK Hang Tuah Se-Surabaya.

Kegiatan Joy Sailing tahun ini di ikuti peserta yang terdiri dari, SMP Hang Tuah 1 Surabaya, SMP Hang Tuah 4 Surabaya, SMA Hang Tuah 1 Surabaya, SMA Hang Tuah 4 Surabaya, SMK KAL 1 Surabaya dan SMK KAL 2 Surabaya.

Sebelum melaksanakan pelayaran dan Onboard di KRI, para pelajar mendapatkan pengarahan dari Perwira KRI tentang aturan–aturan selama pelaksanaan Joy Sailing. Selanjutnya, kegiatan Joy Sailing dilakukan dengan Rute melintasi Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS).

Komandan KRI  Dr.Soeharso 990 Letkol Laut (P) Asep Budiman, dalam pengarahannya  menyampaikan bahwa kegiatan Joy Sailing ini merupakan serangkaian kegiatan memperingati Hari Armada tahun 2016.

“Selama pelayaran para siswa akan diperkenalkan seragam dinas prajurit TNI AL saat fashion show,  mulai dari pakaian dinas harian, lapangan, harian khusus, serta upacara dan pesiar.” Ucap Letkol Laut (P) Asep Budiman.

“Dengan Kegiatan Joy Sailing ini, diharapakan para pelajar lebih mencintai dunia kebaharian dan membentuk karakter generasi muda bangsa Indonesia yang berwawasan kemaritiman untuk kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tambahnya.

Vika Ayu pelajar SMP Hang Tuah Surabaya, yang turut serta kegiatan Joy Sailing mengatakan, senang senang sekali dengan kegiatan tersebut.

“Takut sih, karena ini baru pertama kali naik kapal TNI AL. Tapi saya senang sekali mengikuti kegiatan tersebut, karena disamping bisa merasakan hebatnya naik kapal TNI AL yang sangat besar, kami juga mendapatkan ilmu dan pendidikan terkait kemaritimin dan mengetahui apa saja kegiatan yang dilakukan oleh prajurit TNI AL Koarmatim,” kata Vika dengan tersenyum.

Selain itu, selama pelayaran berlangsung KRI SHS menampilkan profil  diantaranya, jenis-jenis kapal serta fungsi dalam tugas operasi yang dilaksanakan, dengan harapan supaya tumbuh jiwa bahari dan maritim kepada para pelajar  karena merupakan salah satu  konsep yang disampaikan oleh Presiden RI Bapak Ir.Joko Widodo untuk merevolosi mental mereka dari mental agraris menjadi mental maritim.

Tema Joy Sailing kali ini adalah, “Pengawal Samudera Perekat Nusantara Jayalah Armadaku”. (Tls)

Add a Comment